Mengapa Bersin Seringkali Muncul Berurutan 2 atau 3 Kali?

DokterSehat.Com– Bersin adalah salah satu cara tubuh dalam membersihkan rongga hidung dari berbagai kotoran atau beda lainnya. Namun, jika kita cermati, sangat jarang kita hanya bersin satu kali saja. Seringkali kita akan mengalaminya 2 atau 3 kali secara berurutan. Sebenarnya, apa penyebab dari bersin yang berurutan ini?

doktersehat-alergi-bersin

Pakar kesehatan Dr. Jordan Josephson yang berasal dari Lenox Hill Hospital yang ada di kota New York, Amerika Serikat menyebutkan bahwa bersin yang terjadi berurutan ini ternyata ditujukan untuk membersihkan berbagai pemicu iritasi yang ada pada saluran pernafasan. Sebagaimana kita ketahui, kita akan bersin karena adanya partikel yang dianggap asing di dalam hidung yang memancing reaksi tubuh untuk segera mengeluarkannya.

Jika kita bersin 3 kali berturut-turut, maka bersin yang pertama kali ditujukan untuk melonggarkan saluran pernafasan, bersin yang kedua ditujukan untuk mendorong partikel asing ini ke bagian depan hidung, dan bersin yang ketiga adalah yang bisa mengeluarkan partikel tersebut. Partikel penyebab iritasi ini bisa bermacam-macam, dari virus penyebab flu, udara yang dingin, alergen seperti serbuk sari, asap dan polusi udara lainnya, hingga partikel seperti debu, jamur dan lumut.

Yang menarik adalah, ada hal-hal lainnya yang bisa menyebabkan bersin selain dari partikel penyebab iritasi tersebut. Sebagai contoh, 10 hingga 35 persen populasi di seluruh dunia bisa mengalami bersin fotik yang dipicu oleh paparan sinar matahari. Selain itu, ada pula orang yang mengalami bersin snasiasi yang disebabkan oleh perut kenyang.

Demi mencegah penyebaran kuman, ada baiknya kita selalu menutup hidung dengan tangan atau tisu jika sedang bersin. Jika tangan kita sampai basah karena tersembur bersin, segeralah mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.