Mengapa Benjolan di Muka Tidak Kunjung Mengempis?

Pertanyaan Konsultasi



Assalammualaikum wr.wb

Saya natasya umr 19 thn. Ingin bertanya dok, jadi begini awal mulanya saya kira ini cuman jerawat kecil biasa dan saya masih biasa” saja belum merasa terganggu, ini sudah terjadi dari hari rabu dan sekarang sudah masuk sabtu. Sudah jalan 4 hari pada hari pertama saya mengira ini hanya jerawat biasa, dihari kedua kawan” bilang itu jerawat batu soalnya keras dan bertambah sedikit besar, di hari ketiga benjolan ini nambah membesar seperti orang sakit gigi kata teman”, tetapi saya tidak merasakan gigi yg sakit. sayapun ikut membengkak saya sudah mencoba mengompres dengan air hangat, memoleskan benjolan ini dengan salep bisul, meminum obat nyeri, dan beberapa obat yg lain dari tempat saya berobat, tetapi sampai sekarang dihari keempat ini belum kunjung saya dapat perubahan benjolan ini sedikitpun belum mengempes.Terima kasih sebelumnya dok, ini penyakit apa ya dok?

Salam

Natasya Febriana

Jawaban Konsultasi

Waalaikumsalam wr. wb.
Selamat malam Natasya Febriana
Di sebelah mana benjolan seperti jerawat yang anda alami? Berapa jumlahnya dan apakah tampak ada ujung yang berisi nanah?
Seberapa besar ukurannya?
Keluhan anda perlu diperiksa untuk dibedakan dengan abses (timbunan nanah dibawah kulit).

Dari keluhan yang anda bagikan kami menduga anda mengalami acne vulgaris. Sebaiknya anda rajin mencuci muka dan jangan sampai muka anda berminyak.
Pada acne vulgaris yang berat, perlu dibantu dengan obat antibiotik minum dan salep gel antibiotik.
Silakan periksa ke dokter terdekat untuk memeriksakan dan memastikan diagnosis, dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.
Terima kasih

Salam

dr. Eko Budidharmaja
Team DokterSehat.com