Mengapa Banyak Wanita Cenderung Pasif Saat Berhubungan Intim?

DokterSehat.Com– Jika dibandingkan dengan pria yang cenderung lebih aktif dan bahkan penasaran dengan hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas, kaum hawa memang cenderung lebih pasif. Tak disangka, kecenderungan untuk pasif ini juga bisa terbawa saat mereka berhubungan intim sehingga seakan-akan wanita hanya pasrah saat melakukannya dengan pasangannya. Sebenarnya apa penyebab dari kecenderungan wanita untuk pasif saat berhubungan intim?

doktersehat-pasangan-seks-couple

Banyak orang yang berpikir jika rasa malu pada wanita-lah yang menyebabkan mereka cenderung pasif saat berhubungan intim. Menurut pakar kesehatan seksual Nikki Goldstein, stigma yang menyebutkan bahwa seks adalah urusan kaum pria, bukannya urusan kaum wanita, ternyata bisa membuat wanita menjadi lebih canggung untuk mengekspresikan diri saat berhubungan intim. Padahal, seks sebenarnya juga menjadi salah satu kebutuhan wanita dan bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatannya.

Hal lain yang bisa menyebabkan wanita cenderung pasif saat berhubungan intim adalah kondisi psikologis wanita yang lebih sensitif. Biasanya, wanita dengan sifat seperti ini cenderung ragu untuk mengungkapkan keinginan atau ekspresi yang diinginkannya saat berhubungan intim karena takut jika hal ini bisa merusak ego pasangannya. Padahal, jika wanita justru mau mengungkapkan hal tersebut, banyak pria yang justru menyukainya. Tak hanya itu, banyak wanita yang memilih untuk ‘bermain aman’ karena takut jika keinginan mereka saat berhubungan intim justru ditolak oleh pasangannya sehingga mempengaruhi fisik ataupun emosionalnya.

Banyak wanita yang memang cenderung canggung dan tidak ingin membuka obrolan mengenai hubungan intim. Karena alasan inilah ada baiknya suami tidak perlu ragu untuk memulai obrolan tentang hal ini. Tak hanya bisa membantu hubungan intim menjadi lebih baik, komunikasi yang baik tentang kehidupan seksual bisa membuat pasangan meningkatkan keintiman sekaligus keharmonisan rumah tangga.

Baca Juga:  Lebih Sering Seks, Lebih Cerdas