Mengapa Banyak Pria Cenderung Semakin Gemuk Setelah Memiliki Anak?

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat dimana setelah menikah atau bahkan memiliki anak, maka setiap orang akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang cukup signifikan, baik pria ataupun wanita. Bagi kaum hawa, kehamilan memang akan mengubah bentuk tubuh mereka menjadi cenderung lebih gemuk dan andai mereka sudah melahirkan, hanya sebagian dari mereka yang mampu mengembalikan bentuk tubuhnya layaknya sebelum hamil. Namun, ada hal yang unik terjadi pada kaum pria dimana ada kecenderungan pria yang sudah memiliki anak juga akan memiliki tubuh yang lebih subur. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Craig Garfield yang berasal dari Northwestern University di Chicago, Amerika Serikat menyebutkan jika pria yang sudah menjadi ayah memang cenderung lebih mudah mengalami penambahan berat badan. Penelitian ini bahkan menunjukkan jika penambahan berat badan pada pria yang sudah memiliki anak rata-rata sekitar 2,6 persen lebih banyak dari berat badan mereka sebelumnya.

Dr. Garfield menyebutkan jika pria yang sudah memiliki anak memang akan cenderung mengalami perubahan pola hidup yang cukup signifikan dimana saat mereka masih lajang, pria akan cenderung sangat aktif dan banyak melakukan kegiatan di luar rumah. Namun, hal yang sangat berbeda terjadi saat mereka sudah berkeluarga atau memiliki anak mengingat mereka memiliki orang-orang yang disayangi dan cenderung lebih suka menikmati kehidupan di rumah dan juga makanan yang tersedia di tempat tinggalnya.

Karena merasa tenang berada di rumah dan cenderung jarang melakukan aktivitas fisik, maka pria pun akan cenderung lebih mudah mengalami peningkatan berat badan. Hal ini tentu akan membuat mereka beresiko terkena berbagai macam penyakit. Pria pun harus mewaspadai hal ini dan mulai menerapkan gaya hidup sehat yakni dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat.