Mengapa Banyak Pasangan yang Setelah Menikah Cenderung Lebih Gemuk?

DokterSehat.Com – Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa banyak orang setelah menikah cenderung mengalami penambahan berat badan? Bahkan, ada pepatah yang menyebutkan jika mereka yang semakin gemuk dianggap sebagai orang-orang yang berbahagia dengan pernikahannya. Apa sih penyebab dari bertambahnya berat badan ini?

doktersehat-orangtua-lansia

Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang sudah menikah dan kerap menghabiskan waktu bersama memang cenderung mengalami kenaikan berat badan. Andrea Meltzer, seorang asisten professor psikologi yang berasal dari Florida State University, menyebutkan bahwa pasangan yang berbahagia memang cenderung lebih mudah meningkatkan berat badannya, khususnya kaum wanita yang cenderung menjadi lebih gemuk saat menjalani hubungan jangka panjang yang berbahagia dengan pria pasangannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Meltzer, mereka yang saling jatuh cinta memang cenderung memilih untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sehingga resiko terkena masalah kenaikan berat badan pun akan meningkat.

Melihat adanya fakta ini, Meltzer meminta pasangan yang sudah menikah untuk tetap menjaga berat badannya tetap ideal mengingat kondisi kelebihan berat badan atau bahkan obesitas bisa memicu berbagai macam penyakit yang berbahaya. Untuk melakukannya, setiap pasangan yang sudah menikah disarankan untuk mulai lebih sering mengkonsumsi makanan rumahan dan hanya makan di luar sesekali saja saat ada acara spesial. Dengan melakukannya, mereka bisa memangkas asupan kalori hingga 250 kalori jika dibandingkan dengan makan di luar.

Ada baiknya pasangan juga saling menyemangati untuk berolahraga. Dengan adanya kawan untuk berolahraga, semangat untuk melakukannya dengan maksimal pun akan menjadi lebih menyala sehingga hasil berolahraga jelas akan menjadi lebih terasa. Kim Larson, pakar diet dan nutrisi dari Academy of Nutrition and Dieteics bahkan menyarankan pasangan yang sudah menikah untuk melakukan kegiatan olahraga bersama layaknya bersepeda atau hiking bersama agar mereka bisa menjadi lebih sehat dan lebih baik dalam menjaga berat badan.