Mengapa Banyak Orang Yang Tidur Dalam Kondisi Mendengkur?

DokterSehat.Com – Tidur yang mendengkur tentu saja akan sangat mengganggu, khususnya jika kita sudah menikah dan membuat pasangan kita kesulitan untuk tidur karena kerasnya dengkuran yang kita ciptakan. Meskipun anda mendengkur dengan keras, anda biasanya tidak akan mengetahui seberapa keras dengkuran anda. Masalah dari dengkuran ini adalah disamping sangat mengganggu orang lain, mendengkur ternyata bisa berakibat fatal bagi saluran pernafasan dan juga membuat tubuh mengalami kekurangan pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

doktersehat-tidur-mendengkur

Mendengkur sendiri disebabkan oleh semakin sempitnya saluran udara, khususnya di area tenggorokan dan juga rongga hidung. Suara dengkuran ini sendiri adalah udara yang berusaha untuk memasuki saluran pernafasan namun terhalang oleh beberapa hal pada saluran pernafasan sehingga membuat getaran yang sangat keras. Mendengkur sendiri dialami oleh sebagian orang yang biasanya mengalami kondisi yang sangat lelah atau berada dalam kondisi tidur yang tidak sesuai seperti biasanya. Ada beberapa orang yang mendengkur dalam kondisi tidur terlentang yang berarti dengkuran ini masih digolongkan sebagai masalah ringan. Jika anda mendengkur dengan mulut terbuka, bisa jadi jaringan tenggorokan anda bermasalah, sementara itu, jika mulut anda sudah menutup tapi masih mendengkur, maka bisa jadi lidah andalah yang sedang mengalami masalah. Jika pada semua kondisi dan posisi tidur anda mendengkur, maka masalah mendengkur anda bisa jadi sangatlah parah dan membutuhkan penanganan dokter.

Masalah pada rongga hidung dan sinus sering sekali diklaim sebagai penyebab orang mendengkur. Terhambatnya saluran hidung dan sinus menjadi sebab udara membuat suara dengkuran saat memasuki saluran pernafasan. Orang tua biasanya lebih sering mendengkur daripada orang yang lebih muda karena kondisi otot dan ukuran tenggorokan yang semakin menurun sehingga lebih mudah menghambat sirkulasi udara pernafasan. Disamping itu, orang dengan kondisi obesitas juga lebih mudah untuk mengalami kondisi mendengkur.

Baca Juga:  Merkuri dan Efeknya Terhadap Kesehatan

Untuk menghindari masalah tidur mendengkur, anda bisa mulai mengubah pola hidup anda menjadi jauh lebih sehat dan menjauhi rokok dan juga minuman beralkohol. Banyak pula orang yang menyarankan posisi tidur yang menyamping adalah yang paling efektif untuk menghindari kondisi mendengkur yang sangat mengganggu.