Mengapa Banyak Orang yang Melakukan Yoga Sambil Menghadap Sinar Matahari Pagi?

DokterSehat.Com – Manusia modern cenderung tidak lagi mampu menikmati suasana pagi dengan santai. Di hari kerja, kita sudah diburu waktu agar tidak terlambat menuju tempat kerja. Sementara itu, di akhir pekan, tubuh kita sudah kelelahan sehingga memilih untuk bangun lebih siang atau bermalas-malasan di atas kasur. Padahal, ada baiknya kita melakukan beberapa hal positif layaknya berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat. Salah satu olahraga yang sangat direkomendasikan pakar kesehatan untuk dilakukan adalah yoga.

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Yoga sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan mengenakan pakaian yang nyaman, kita sudah bisa melakukan yoga yang sederhana. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk melakukannya sembari menghadap sinar matahari pagi. Alasannya? Tentu saja agar kita bisa menikmati hangatnya paparan sinar matahari pagi yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang sekaligus menyediakan vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya itu, dengan melakukannya sembari menghadap sinar matahari pagi, maka kita bisa membuat otot-otot yang sebelumnya kaku menjadi lebih longgar dan rileks, sekaligus membuat gigi kita menjadi lebih sehat.

Saat melakukan yoga ini, kita bisa berdiri dengan posisi kaki yang lurus dan kemudian menempatkan lengan di punggung. Setelahnya, kita bisa membungkukkan badan ke depan hingga lengan menyentuh lantai agar hamstring, otot paha belakang, meregang. Setelahnya, kita bisa berdiri lagi dengan mengayunkan lengan hingga ke atas kepala. Dengan melakukan gerakan ini secara berulang hingga 4 atau 6 kali, maka kita sudah bisa mendapatkan manfaat kesehatan.

Erika Mundinger, seorang terapis yang cukup dikenal dari London, menyebutkan bahwa kebiasaan melakukan yoga sembari menghadap sinar matahari pagi ternyata bisa membuat pikiran lebih tenang dan bersemangat jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan minum kopi. Dengan adanya manfaat dari yoga ini, ada baiknya kita mulai rutin melakukannya sembari menghadap sinar matahari pagi.