Mengapa Asam Urat Lebih Sering Dialami Oleh Pria?

doktersehat-nyeri-lutut-arthritis-asam-urat
pic credit: esther max

DokterSehat.Com– Asam urat adalah masalah kesehatan yang kerap dialami oleh orang dewasa atau yang sudah berusia lanjut. Hanya saja, penyakit ini juga cenderung lebih sering dialami oleh pria jika dibandingkan dengan wanita. Apa penyebab dari hal ini?

Penyakit yang menunjukkan gejala berupa rasa nyeri pada persendian, apalagi saat persendian digerakkan ini memang lebih sering dialami oleh pria dengan usia lebih dari 40 tahun. Biasanya, bagian persendian yang rentan terkena asam urat adalah di kaki. Kondisi ini dipicu oleh penumpukan kristal asam urat hingga berlebih pada bagian persendian tersebut.

Mengapa pria cenderung lebih rentan terkena masalah kesehatan ini? Hal ini disebabkan oleh kadar asam urat di dalam tubuh pria secara alami memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan di dalam tubuh wanita. Tak hanya itu, hormon estrogen di dalam tubuh wanita juga mampu mendorong pengeluaran kadar asam urat berlebihan di dalam tubuh sehingga tidak akan mudah menumpuk di persendian.

Asam urat seringkali dianggap sebagai penyakit orang kaya mengingat penyebabnya adalah konsumsi makanan seperti daging, susu, atau bahkan wine yang cenderung memiliki harga mahal. Padahal, pola makan orang biasa yang tidak sehat juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Selain itu, faktor usia juga bisa menjadi penyebab penyakit yang juga dikenal dengan nama gout ini. Faktor lain yang menjadi pemicu asam urat adalah masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya semua orang berhati-hati dalam menjaga gaya hidup, khususnya dalam hal menerapkan pola makan demi mencegah datangnya asam urat. Pastikan untuk menjaga pola makan dengan kadar gizi yang seimbang setiap hari.