Mengapa Anak Tidak Bisa Gemuk?

Dokter Sehat – Memiliki berat badan ideal adalah idaman setiap orang. Selain enak dipandang, juga terkesan sehat. Menurut para ahli, berat badan ideal harus disesuaikan dengan tinggi badan tiap orang.



Jadi tidak boleh terlalu kurus atau terlalu gemuk. Banyak dari kita yang memiliki masalah dalam menaikkan berat badan ideal. Berat badan ideal bisa ditambah dengan meningkatkan massa otot, bukan lemak tubuh.

Pasti tidak menyenangkan jika kita memiliki tubuh kerempeng. Kita melakukan beberapa usaha untuk menggemukkan badan, tapi susah sekali.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa memengaruhi berat badan anak :

1.Tinggi badan
Anak yang pendek jelas memiliki berat badan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang lebih tinggi, untuk itu kalian tidak perlu khawatir jika kalian memiliki bobot yang lebih kecil.

2.Struktur tulang
Beberapa anak memang dilahirkan dengan tulang yang kecil, besarnya tulang yang dimiliki oleh masing-masing anak jelas akan menentukan berat badan dari mereka. Semakin besar tulang maka akan semakin berat anak tersebut.

3.Pubertas
Anak yang telah mengalami pubertas tentu akan memiliki berat badan yang lebih besar. Pasalnya, pertumbuhan mereka akan lebih pesat yang tentunya memengaruhi berat badan mereka. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir, Anda juga akan mengalami hal yang sama pada masa pubertas Anda nanti.

4.Faktor genetis
Orang tua yang pendek tentunya akan melahirkan anak yang pendek pula, hal semacam ini jelas akan memengaruhi berat badan yang kalian miliki.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menggemukan badan :

1.Makan teratur 3 kali sehari
Biasakan sarapan, makan siang tepat waktu, dan makan malam.

2.Menambah porsi makan
Perhatikan asupan dan nilai gizi makanan. Kebutuhan kalori rata – rata setiap hari seorang pria 2200 kalori, sedangkan wanita 1900 kalori. Untuk menggemukkan badan sebanyak 1/2 kilo setiap minggunya, diperlukan tambahan 1000 kalori setiap hari. Untuk mengetahui jumlah kalori makanan,ukhti bisa konsultasi dengan ahli gizi.

Baca Juga:  Cara Simpel Memilih Sports Bra

3.Kunyah makanan dengan lembut untuk mempermudah kerja lambung

4.Minumlah susu 2 gelas tiap hari
Protein dalam susu bermanfaat untuk membangun jaringan otot, dan kalsiumnya untuk membantu menguatkan tulang.

5.Olahraga, selain untuk membakar lemak juga dibutuhkan untuk membentuk otot. Olahraga yang rutin, membuat tubuh lebih aktif sehingga kita membutuhkan banyak energi, yaitu makanan.

6.Tidur yang cukup, tubuh kita butuh istirahat 8 jam tiap hari. Tidur yang cukup sangat membantu proses penggemukan badan.

7.Kurangi merokok dan begadang

8.Perbanyak minum air putih, standarnya adalah 8 gelas air per hari

9.Konsumsilah putih telur 1 kali sehari

10.Periksa kesehatan anda ke dokter