Mengapa Anak Senang Mengulang Film atau Lagu yang Sama?

Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Bunda mungkin bosan ketika si kecil selalu meminta Anda menyanyikan lagu yang sama setiap harinya. Atau ketika anak Anda ingin menonton film yang sama setiap jam makan siang tiba, padahal film tersebut sudah ditonton berkali-kali. Normalkah kondisi ini pada balita?

Photo credit: pexels.com

Bunda mungkin heran mengapa anak selalu mengulang menonton film yang sama atau menyanyikan lagu yang sama. Dilansir dari laman babycenter, anak akan memiliki sikap senang mengulang ketika memasuki usia 2-3 tahun.

Meskipun terkesan membosankan, namun sebenarnya anak-anak belajar dengan cara mengulang. Anak-anak akan dapat belajar mengenal banyak kosa kata, warna, perilaku dan informasi menarik lainnya dengan mengulang.

Mengulang-ulang sesuatu juga dapat mendukung perkembangan otak. Karena itu ketika informasi tersebut datang berulang, hal ini dapat meninggalkan memori di otak sehingga anak mudah mengingat.

Menghadapi anak yang suka mengulang

Jika anak Anda senang mengulang, maka Anda dapat mendukung proses belajarnya dengan ikut mencari tahu apa yang anak-anak sukai dari film atau lagu yang ia gemari. Tanyakan padanya, apa yang paling ia sukai dari dari film atau lagu tersebut dan mengapa bagian tersbeut menjadi bagian yang paling menarik baginya.

Anda juga dapat meminta anak Anda untuk menceritakan kembali bagian-bagian yang ia sukai dengan gayanya sendiri. Cara ini dapat melatih anak untuk berkomunikasi dan dapat menjadi sarana untuk mengetahui apakan anak Anda dapat menyerap isi film tersebut dengan baik.

Sebagai variasi, Anda juga dapat memberikan anak judul film lain yang serupa untuk mengenalkan anak tentang cerita baru, kosa kata baru dan gerakan tarian yang baru. Selain membuat anak senang, hal ini juga dapat mengembangkan kreativitas dan kecerdasannya.