Mengapa Anak Bisa Tiba-Tiba Terbangun dan Menangis Histeris di Malam Hari?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang tiba-tiba saja kaget saat melihat buah hatinya terbangun dari tidurnya dan menangis histeris sehingga sulit untuk ditenangkan. Sebagian dari mereka bahkan berpikir jika hal ini mungkin disebabkan oleh makhluk halus yang tentu akan membuat mereka khawatir dan ketakutan. Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

doktersehat-organ-genital-gatal-penyakit-anak-menangis

Pakar kesehatan Dra. Mayke Tedjasaputra, MSI, Play, dan Therapist yang juga merupakan staf pengajar dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyebutkan bahwa orang tua tidak perlu khawatir berlebihan jika menemukan buah hatinya tiba-tiba bangun dari tidurnya dan kemudian menangis histeris. Menurut beliau, hal ini wajar terjadi dan seringkali hanya disebabkan oleh mimpi buruk saja. Hanya saja, jika hal ini terjadi hampir setiap malam, barulah orang tua boleh khawatir dan mencari tahu apa saja yang dilakukan oleh anak di pagi hingga malam hari sebelum tidur.

Dalam banyak kasus, anak bisa mengalami mimpi buruk karena sangat kelelahan akibat dari terlalu aktif bermain di siang atau malam hari. Selain itu, pastikan bahwa anak tidak mendapatkan perlakuan buruk dari teman bermainnya atau bahkan pengasuhnya. Bisa jadi perlakuan buruk yang didapatkan pada saat bermain dengan anak atau orang lain inilah yang akhirnya terbawa hingga ke waktu tidurnya sehingga memicu mimpi buruk. Selain itu, cek pula apakah anak sebenarnya mengalami badan yang sedang sakit dan pegal-pegal atau tidak.

Jika anak sedang menangis histeris, pakar kesehatan menyarankan orang tua untuk segera memeluknya dan mencoba untuk menenangkannya. Usap-usaplah tubuh bayi agar anak tenang dan bisa tertidur kembali. Demi mencegah datangnya mimpi buruk ini, ada baiknya anak tidak bermain dengan terlalu bersemangat sebelum tidur.