Mengapa Air Mani Pria Terkadang Sangat Kental?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika air mani pria yang sehat adalah air mani yang kental. Padahal, menurut pakar kesehatan, sperma pria sebenarnya tidak terlalu kental andai kita cek dengan mikroskop. Sebenarnya, apakah kekentalan air mani pria bisa mempengaruhi kualitas sperma seorang pria? Pakar kesehatan menyebutkan jika kekentalan air mani ternyata tidak begitu mempengaruhinya. Justru, konsistensi dan tekstur dari air mani yang kerap berubah inilah yang harus diperhatikan karena sangat dipengaruhi oleh gaya hidup seorang pria dan akan berpengaruh pada kesuburannya. Apa sajakah sebenarnya hal-hal yang bisa mempengaruhi kekentalan air mani pria?

doktersehat-sperma-air-mani

Dehidrasi
Pakar kesehatan menyebutkan jika air mani pria yang terlalu kental justru menunjukkan jika pria sedang mengalami dehidrasi. Selain kurang mengkonsumsi air putih, dehidrasi bisa saja disebabkan karena pria gemar mengkonsumsi kopi atau minuman bersoda. Andai kita menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air mani biasanya akan menjadi normal kembali dan tidak terlalu kental.

Infeksi
Air mani yang kental bisa saja disebabkan oleh infeksi dan hal ini harus diwaspadai. Pakar kesehatan menyebutkan jika pada air mani ternyata terdapat semburat berwarna hijau atau kekuningan dan disertai dengan bau yang busuk, maka bisa dipastikan jika ada masalah infeksi pada organ vital pria.

Adanya ketidakseimbangan hormon
Pakar kesehatan menyebutkan jika pria mengalami penurunan kadar hormon testosteron, maka akan ada kecenderungan air maninya akan menjadi lebih kental. Sebaiknya pria mulai berkonsultasi akan dokter mengenai hal ini.

Sebenarnya, seperti apakah air mani yang normal dan dianggap sehat? Pakar kesehatan menyebutkan jika air mani yang sehat akan terlihat berwarna putih layaknya awan atau memiliki warna yang mirip abu-abu. Selain itu, air mani juga akan bertekstur layaknya jelly dan andai ditinggal selama setengah jam di suhu ruangan, air mani akan segera berair. Air mani juga cenderung memiliki bau klorin dan memiliki rasa yang berubah-ubah bergantung dari apa yang dikonsumsi oleh pria.