Mengapa Air Keran di Luar Negeri Bisa Diminum Secara Langsung?

DokterSehat.Com– Salah satu hal unik yang kerap diceritakan oleh orang-orang yang pernah bepergian ke luar negeri adalah mereka bisa meminum air keran secara langsung tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu. Biasanya, hal ini diceritakan oleh mereka yang mengunjungi Eropa atau di sebagian negara Asia seperti Brunei, Singapura, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan. Hal in tentu sangat kontras dengan air keran yang ada di tanah air yang harus dimasak terlebih dahulu jika ingin diminum. Sebenarnya, bagaimana bisa air keran di negara-negara tersebut bisa diminum?

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air yang ada di negara-negara belahan timur bumi atau di Asia cenderung tidak memiliki kandungan mineral seperti magnesium dan kalsium setinggi air di negara-negara Eropa. Kondisi ini akan mempengaruhi rasa air yang diminum. Tak hanya itu, sistem penjernihan air di setiap negara juga memakai cara yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi kualitas dan rasa dari air minum tersebut.

Badan Pencegah dan Pengendalian Penyakti Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa agar bisa diminum secara langsung, air keran harus diolah dengan melalui tahapan koagulasi dan flokulasi, pengendapan, penyaringan, serta disinfeksi. Tahapan pertama, yakni koagulasi dan flokulasi dilakukan dengan cara mencampur air dengan bahan kimia positif dan tidak berbahaya demi menetralisir kotoran dan bahan kimia berbahaya pada air. Pada tahapan ini, air pun akan berada dalam kondisi menggumpal dengan bahan kimia dan disebut sebagai floc. Air pun kemudian melalui tahapan kedua yakni pengendapan dengan tujuan mengendapkan gumpalan floc tersebut.

Tahapan ketiga atau penyaringan dilakukan denyan cara menyaring air dengan menggunakan filter yang terdiri dari pasir, arang, dan kerikil yang berpori-pori sangat kecil sehingga bisa menghilangkan berbagai bakteri, debu, parasit, dan virus. Setelahnya, air akan diberi bahan kimia klorin dan kloramin agar berbagai bakteri dan parasit dihilangkan sebelum disalurkan ke pipa-pipa rumah tangga atau industri.

Air yang sudah sangat jernih, murni, dan terbebas dari berbagai kotoran, bakteri, dan parasit inipun akan aman untuk dikonsumsi langsung dari keran.