Mengapa Ada Telur yang Warna Cangkangnya Terang dan Kecokelatan?

DokterSehat.Com – Salah satu makanan yang menjadi favorit masyarakat di seluruh dunia adalah telur. Bagaimana tidak, telur sangat mudah untuk didapatkan, memiliki harga yang murah, mudah diolah menjadi berbagai makanan, dan memiliki rasa yang enak. Pakar kesehatan sendiri menyebut telur sebagai salah satu makanan dengan nilai gizi yang cukup tinggi. Jika ibu hamil mengkonsumsinya, janin di dalam kandungan akan mengalami perkembangan otak dan saraf yang maksimal. Jika anak-anak mengkonsumsinya, kadar gizinya akan membaik. Tak hanya itu, telur juga memiliki berbagai manfaat sehat lainnya bagi kesehatan tubuh kita.

doktersehat-telur

Jika kita memperhatikan, telur ternyata memiliki warna cangkang yang cenderung berbeda-beda. Namun, pada umumnya, telur bisa diklasifikasikan dengan yang warna cangkang yang terang dan telur dengan warna cangkang kecokelatan. Apa penyebab dari perbedaan warna cangkang telur ini?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa perbedaan warna cangkang telur ini ternyata terkait dengan warna bulu ayam induknya. Sebagai contoh, jika yang bertelur adalah ayam dengan bulu berwarna putih, maka cangkang telurnya juga akan cenderung memiliki warna yang lebih terang. Sementara itu, jika induk ayam yang bertelur memiliki warna bulu merah atau cokelat, maka cangkang telur juga memiliki warna cenderung kecokelatan.

Apakah warna cangkang telur ini bisa mempengaruhi nilai gizi dari telur tersebut? Pakar kesehatan Tro Bui yang merupakan ahli animal science yang berasal dari Cornell University menyebutkan bahwa telur dengan warna cangkang kecokelatan biasanya memiliki kadar asam lemak omega 3 yang lebih banyak. Namun, perbedaan jumlah kadarnya sebenarnya juga tidak begitu besar jika dibandingkan dengan yang ada dalam telur bercangkang terang. Hal ini berarti, secara umum, nilai gizi telur ternyata sama saja.

Baca Juga:  Adakah Batasan Aman Makan Telur Setiap Hari?

Secara rasa, tidak ada perbedaan antara telur bercangkang terang atau kecokelatan. Hal ini berarti, kita tidak perlu bingung saat memasak karena hasil rasa dari semua jenis telur tetap saja lezat untuk dikonsumsi.