Mengapa Ada Orang yang Takut Dengan Badut?

DokterSehat.Com – Dibalik hiruk-pikuknya pemilihan presiden di Amerika Serikat, ada sebuah hal yang cukup aneh terjadi di Negara adidaya tersebut. Entah sejak kapan atau darimana asalnya, banyak bermunculan badut-badut menyeramkan yang meneror orang-orang di jalanan atau bahkan terekam di kamera CCTV perumahan. Badut memang kerap disukai oleh anak-anak karena tingkah lakunya yang lucu, khususnya dalam pesta ulang tahun atau acara perayaan lainnya. Namun, banyak orang dewasa yang mengaku takut dengan tampilan badut yang dianggap sangat menyeramkan dan mengalami ccoulrophobia, fobia pada badut.

doktersehat-anak-kecil-tidur

Sebuah penelitian pun dilakukan oleh psikolog Frank McAndrew dan juga Cornelia Dudley yang berasal dari Knox College, Illinois, Amerika Serikat. Mereka berusaha mencari tahu alasan mengapa banyak orang yang takut dengan badut dan meminta 1.341 partisipan dengan rentang usia 18 hingga 77 tahun untuk mengisi survei tentang apa saja yang mereka takutkan dalam hidup. Dari hasil pengisian survei ini, diketahui bahwa ada 44 perilaku yang dianggap menakutkan dimana diantaranya adalah perilaku yang tidak bisa diprediksi, melakukan kontak mata yang dianggap aneh, adanya tato yang terlihat jelas, hingga seseorang yang melakukan sesuatu hal tanpa banyak berbicara.

Setelah survei pertama dilakukan, maka para partisipan pun diminta untuk melakukan survei kedua untuk menilai 21 jenis profesi yang dianggap menakutkan. Hasilnya sangat menarik dimana badut ternyata dianggap sebagai profesi yang kerap membuat orang ketakutan. Banyak partisipan yang menyebutkan jika sosok badut yang aneh dengan dandanan yang tidak biasa membuat mereka ketakutan.

Psikolog yang berasal dari Kanada, Remi Nader, menyebutkan jika alasan utama dari orang yang takut dengan badut adalah karena mereka tahu jika badut adalah orang yang menyamar. Kita tidak benar-benar tahu seperti apa perilaku atau sikap asli dibalik kostum dan dandanan badut ini sehingga menimbulkan rasa khawatir dan takut padanya.

Baca Juga:  Menjelang Bulan Puasa, Ingatlah Untuk Menjaga Pola Makan Agar Berat Badan Tidak Naik

Meskipun secara umum disukai anak-anak karena kerap berperilaku konyol, sebenarnya banyak anak-anak yang juga takut dengan badut karena dianggap aneh dan mengerikan, meskipun rasionya memang tidak sebanyak mereka yang suka dengannya.