Mengapa Ada Orang yang Kuat Berlari dan Ada yang Tidak?

DokterSehat.Com – Ada banyak orang yang mengeluhkan staminanya yang sangat payah sehingga tidak mampu berlari sejauh yang Ia harapkan. Padahal, dengan berlari dengan jarak atau waktu yang diinginkan, kita bisa saja membantu menurunkan berat badan. Menurut pakar kesehatan, ternyata ada alasan mengapa ada orang yang mampu berlari dengan jarak jauh dan ada yang tidak. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh gen yang ada dalam tubuh.

doktersehat-olahraga-lari-jogging-sehat

Sebuah penelitian dari Spanyol berhasil menemukan fakta menarik tentang olahraga lari dimana selain karena latihan yang intens, seorang pelari yang sukses ternyata memiliki kelebihan genetik yang membuat tubuhnya memproduksi keratin kinase dan mioglin, semacam protein dalam darah yang bisa memicu kerusakan otot, lebih sedikit pada tubuh mereka. Hal ini berarti, protein yang beracun pada otot ini akan lebih sedikit muncul pada tubuh saat berlari sehingga mereka pun cenderung tidak mudah mengalami kerusakan pada serat otot dan mampu berlari dengan lebih jauh, lebih lama, dan lebih baik.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan memeriksa tujuh jenis gen yang diambil dari 71 pelari marathon yang berpengalaman. Para ilmuwan meneliti seberapa besar tingkat kerusakan otot para peserta dengan cara menguji darah dan senyawa yang dilepaskan saat otot mulai tegang atau rusak, hal yang kerap terjadi saat kita berlari dengan jarak yang jauh atau melakukan lari marathon. Hasilnya adalah, jika kita ingin menyelesaikan lari marathon, maka kita membutuhkan setidaknya 30 ribu langkah dan kaki akan menahan berat badan 1,5 hingga 3 kali lebih berat dari biasanya saat mengayunkan kaki.

Jika kita termasuk dalam orang yang memproduksi keratin kinase dan mioglin lebih banyak, besar kemungkinan kita akan membuat kerusakan yang lebih besar atau lebih cepat pada otot sehingga kita pun mudah lelah saat berlari. Namun, bukan berarti kita kemudian menyerah dan tak lagi mencoba untuk berlari jarak jauh. Penelitian lain menyebutkan bahwa andai kita rutin melakukan latihan atau persiapan dengan baik, maka tubuh juga akan memiliki kemampuan lebih baik untuk berlari.