Mengapa Ada Orang yang Berperut Buncit Meski Badannya Kurus?

DokterSehat.Com– Perut buncit memang identik dengan orang-orang dengan tubuh yang gemuk. Namun, ada pula orang yang sebenarnya memiliki tubuh yang kurus namun juga memiliki perut yang buncit. Hal ini tentu terlihat aneh, bukan? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat perut kita membuncit meskipun badan kita sebenarnya kurus.

doktersehat-gendut-perut-buncit

Stress
Tidak disangka, stress ternyata bisa membuat kita lebih mudah mengalami perut buncit. Hal ini disebabkan oleh kemampuan stress dalam menghabiskan cukup banyak energi di dalam tubuh. Alhasil, tubuh pun akan berusaha keras untuk mencari sumber energi lainnya dengan cara melepaskan hormon kortisol. Hormon ini akan mampu meningkatkan nafsu makan, khususnya pada makanan yang bisa menjadi sumber energi layaknya yang kaya gula dan lemak. Karena alasan inilah mereka yang mengalami stress cenderung lebih suka mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut dan akhirnya mengalami perut buncit.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mengendalikan stress dengan baik dengan cara rutin berolahraga, khususnya di ruangan terbuka yang kaya akan pemandangan alam yang menenangkan dan sinar matahari yang hangat.

Kurang tidur
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa idealnya kita tidur 7 hingga 9 jam setiap malamnya. Jika kita terbiasa tidur kurang dari waktu tersebut, maka tubuh akan lebih mudah menyimpan lemak pada perut sehigga memicu perut buncit.

Tidak melakukan olahraga dengan benar
Jika kita ingin membuang lemak yang menumpuk pada perut, olahraga seperti berlari dan bersepeda bukanlah olahraga yang cocok untuk dilakukan. Lakukanlah latihan kardio yang dikombinasikan dengan latihan ketahanan seperti angkat beban, push up, dan squat yang bisa lebih banyak membakar lemak pada perut.