Mengapa Ada Jerawat yang Tumbuh di Pantat

DokterSehat.Com – Jerawat adalah salah satu masalah kesehatan kulit yang sangat mengganggu penampilan kita. Tak terhitung betapa banyak orang yang mengalami penurunan kepercayaan diri andai jerawat muncul pada wajah mereka. Namun, tahukah anda jika jerawat juga bisa muncul pada bagian tubuh yang lain? Pakar kesehatan menyebutkan jika jerawat cukup mudah ditemukan di area punggung. Namun, secara tak terduga, jerawat juga bisa ditemukan pada pantat kita dan bisa membuat gatal atau rasa yang kurang nyaman, khususnya saat dipakai untuk duduk.

doktersehat-pantat-kentut

Jerawat sendiri disebabkan oleh adanya folikulitits, kondisi dimana bakteri bisa memasuki folikel rambut dan memicu benjolan yang bisa menyebabkan rasa gatal-gatal dan benjolan pada kulit. Namun, apa saja penyebab dari munculnya jerawat pada pantat? Pakar kesehatan menyebutkan jika ada tiga hal yang bisa membuat jerawat muncul pada pantat, yakni banyaknya keringat, penggunaan pakaian, dan juga kondisi kulit kering. Jika kita kerap berkeringat layaknya suhu yang panas atau karena berolahraga namun tidak segera mengganti pakaian, apalagi jika pakaian ini terbuat dari bahan yang membuat kulit kurang baik untuk bernafas, maka bakteri bisa berkembang biak dengan pesat dan bercampur dengan keringat. Hal ini ternyata bisa membuat iritasi pada kulit dan memicu munculnya jerawat. Tak hanya itu, kondisi kulit yang kering pada pantat bisa memicu iritasi yang pada akhirnya membuat masalah jerawat.

Andai jerawat muncul pada pantat, kita bisa mengatasinya dengan cara-cara sederhana berikut ini.

  • Membersihkan pantat dengan sabun anti bakteri atau sabun mandi engan bahan benzoil periksoda atau asam aslisilat.
  • Gunakan salep khusus yang terbuat dari minyak pohon teh yang bisa mengatasi jerawat pada pantat.
  • Gunakan pakaian yang cenderung longgar bagi pantat agar pantat mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik, khususnya di dalam rumah. Selain itu, setelah berolahraga, ada baiknya segeralah mandi dan gunakan pakaian yang lebih bersih.
  • Perbanyak asupan air putih yang diyakini lebih baik membantu tubuh membuang berbagai macam racun di dalam tubuh yang bisa ikut menumbuhkan jerawat.