Mengapa Ada Janin yang Sungsang Saat Hamil

DokterSehat.Com – Salah satu kekhawatiran yang banyak ditakuti oleh ibu hamil adalah jika janin di dalam kandungannya berada dalam posisi sungsang. Bayi yang sungsang ini akan memberikan kesulitan dan resiko tersendiri pada saat proses melahirkan. Sebenarnya, apa penyebab dari janin yang sungsang saat hamil?

doktersehat-usg-hamil-dokter-menurunkan-berat-badan

Pakar kesehatan dan kandungan dr. hari Nugroho, SpOG yang berasal dari RSUD dr. Soetomo dan Universitas Airlangga Surabaya menyebutkan jika penyebab utama dari kehamilan sungsang adalah janin berada dalam posisi melayang di dalam kandungan. Hal ini terjadi karena cairan ketuban pada kandungan masih sangat banyak. Sebenarnya, posisi sungsang ini cukup normal terjadi pada kehamilan. Sebagai contoh, saat kehamilan mencapai usia 28 minggu, 20 hingga 25 persen bayi masih dalam posisi sungsang ini. Sementara itu, saat usia kehamilan mencapai 32 minggu, tinggal 7 hingga 16 persen bayi saja yang masih dalam posisi ini. Menurunnya jumlah air ketuban seiring dengan bertambahnya usia kehamilan membuat bayi akan berada dalam posisi yang ideal dan siap untuk dilahirkan. Namun, ternyata ada 3 hingga 4 persen bayi yang masih tetap dalam posisi sungsang ini saat usia kehamilan sudah mencapai 9 bulan atau menjelang proses melahirkan.

Lantas, apa penyebab dari masih ada bayi yang berada dalam posisi yang sungsang menjelang proses melahirkan? Dr. Hari menyebutkan jika anatomi rahim yang berbeda, kelainan letak plasenta, cairan ketuban yang masih terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit, kelainan pada janin, hingga sempitnya panggul dan adanya tumor dalam rahim layaknya myoma uteri bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, jika seorang ibu termasuk cukup sering hamil atau sebelumnya sudah memiliki anak yang cukup banyak, resiko mendapatkan kehamilan dengan bayi yang sungsang juga cukup besar.

Baca Juga:  Ini Yang Perlu Dilakukan Jika Janin di Dalam Kandungan Terlilit Tali Pusar

Mengingat adanya resiko yang besar andai dipaksakan untuk melalui proses persalinan normal, ibu hamil dengan janin yang sungsang ada baiknya melakukan operasi caesar saja demi keamanan dan kesehatan keduanya.