Mengapa Ada Anak Yang Terlahir Dengan Bibir Sumbing?

DokterSehat.Com – Tentu tidak ada orang yang berharap jika anaknya terlahir dengan kondisi memiliki cacat bawaan. Namun, kasus dimana bayi terlahir dengan kecacatan pada bibirnya yang disebut dengan bibir sumbing ternyata cukup tinggi di tanah air. Bibir sumbing sendiri bisa dijelaskan sebagai kondisi anak yang terlahir dengan adanya kekurang-sempurnaan struktur bibir atau bagian langit-langit mulut. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika bayi yang terlahir dengan kasus bibir sumbing seringkali terjadi karena faktor genetik, dimana orang tuanya juga mengalami masalah ini saat terlahir. Tercatat, 70 persen kasus bibir sumbing di Indonesia terjadi karena faktor keturunan ini.

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

Pakar kesehatan dr. Nungki Ratna Martina, Sp. B mengungkapkan jika selain faktor keturunan yang sangat mendominasi kasus anak bibir sumbing, ada faktor lain yang menjadi penyebab masalah ini, yakni jika ibu meminum obat-obatan yang kurang baiks elama kehamilan, cenderung hobi merokok, dan kekurangan asupan asam folat. Banyak kasus bibir sumbing bahkan terjadi karena ibu hamil suka mengkonsumsi alkohol yang membuat pembentukan jaringan mulut janin tidak sempurna mengingat banyaknya paparan zat kimia pada bayi di dalam kandungan.

Bagi orang tua yang memiliki riwayat bibir sumbing sebaiknya tidak putus asa dan berpikir jika anaknya nantinya juga akan mengalami hal yang sama. Dengan penanganan yang tepat, bayi yang dilahirkan nantinya bisa tidak mengalami masalah bibir sumbing. Biasanya, orang tua dengan riwayat bibir sumbing diminta untuk sering melakukan konsultasi pada dokter selama kehamilan dan melakukan USG 3D ataupun 4D untuk melakukan pendeteksian dini.

Andaipun pada akhirnya anak yang terlahir juga masih terkena masalah bibir sumbing, pakar kesehatan tanah air kini sudah memiliki cara untuk mengobati masalah ini sehingga anak pun kembali mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna seperti yang diidam-idamkan semua orang tua.