Mengantuk Setelah Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Selesai makan, tibalah rasa kantuk. Kedua hal ini seakan-akan menjadi hal yang sangat biasa terjadi. Entah mengapa, tubuh memang cenderung mudah untuk mengantuk saat perut sudah terisi penuh. Beberapa orang menyebutnya sebagai kondisi tubuh yang sudah sangat nyaman sehingga ingin segera tidur sebagai puncak dari kenyamanan tersebut. Hanya saja, secara medis, mengantuk setelah makan biasanya disebabkan karena pasokan oksigen ke otak yang semakin berkurang mengingat telah banyak dihabiskan untuk proses pencernaan. Apa saja sebenarnya penyebab rasa kantuk yang datang setelah makan ini?

doktersehat-narkolepsi

Kekurangan enzim bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk setelah makan. Pada saluran pencernaan, terdapat enzim yang memiliki fungsi menghancurkan makanan agar mudah untuk dicerna. Terdapat tiga jenis enzim yang ada pada saluran pencernaan, yakni enzim yang disekresikan oleh organ layaknya kelenjar ludah, pankreas, aau usus kecil, enzim metabolik yang menjadi katalis dan memproduksi energi bagi tubuh, dan enzim yang ada pada makanan yang dikonsumsi. Enzim-enzim tersebut berkolaborasi agar saluran pencernaan bisa mendapatkan nutrisi dan eneri dari makanan dan juga menetralisir racun serta membuang kotoran yang tidak terpakai. Jika jumlah enzim tersebut kurang memadai, maka tubuh pun akan kekurangan pasokan energi sehingga cenderung lebih mudah mengantuk setelah makan.

Disamping enzim, pengaruh neuron orexin yang ada pada bagian otak yang mengatur begitu banyak proses dan hormon ternyata bisa mempengaruhi kondisi mengantuk setelah makan. Kinerja dari neuron erexin terhambat karena meningkatnya kadar gula darah sehingga tubuh pun cenderung menjadi lebih lesu dan mengantuk.

Kita bisa menjaga tubuh tetap bugar tanpa mengantuk setelah makan, asalkan kita juga harus memakan porsi makanan yang tidak berlebihan dan juga tidak terlalu sedikit. Makanan yang kaya dengan kandungan gula dan kalori juga akan mudah menyebabkan kantuk sehingga harus dibatasi asupannya. Hanya saja, dengan rutin memakan sarapan pagi, maka tubuh pun telah diisi dengan tenaga yang cukup untuk beraktifitas sehingga tidak akan mudah mengantuk.