Mengantuk? Atasi Dengan Olahraga Push-Up

DokterSehat.Com – Apa yang akan kita lakukan jika di pagi hari sebelum beraktifitas atau bahkan di waktu berada di tempat kerja tiba-tiba merasakan rasa kantuk yang tidak tertahankan? Kebanyakan orang akan memilih untuk mengkonsumsi kopi untuk mengatasi rasa kantuk tersebut. Memang konsumsi kopi akan bisa membuat rasa kantuk menghilang. Namun, pakar kesehatan Gregory Ferenstein menyebutkan jika ada cara lain yang jauh lebih efektif untuk mengatasi rasa kantuk tersebut, yakni dengan melakukan push-up.

doktersehat-olahraga-pushup-push-up

Menurut Ferenstain, push-up selama 30 detik saja sudah cukup untuk mengatasi rasa kantuk dengan signifikan. Bahkan, efek menghilangnya rasa kantuk ini diyakini dua kali lebih besar andai kita mengkonsumsi kopi. Ia menyebutkan jika dengan berolahraga push up, kita bisa meningkatkan denyut jantung hingga 70 persen, yakni sekitar 170 kali setiap menitnya. Dengan denyut jantung yang meningkat, maka tubuh pun menjadi lebih waspada dan rasa kantuk pun akan segera menghilang.

Selain membuat rasa kantuk menghilang, Ferenstain bahkan menyebutkan jika berolahraga push-up juga akan membuat kemampuan kognitif otaknya meningkat dengan signifikan. Ia melakukan percobaan yang membandingkan pengaruh dari konsumsi 250 mg kafein dan melakukan push-up  dan kedua hal ini memang bisa mempengaruhi daya ingat dan waktu reaksi andai kita melakukan permainan otak sederhana setelahnya. Namun, menurut Ferenstein, dengan meminum kopi, kita hanya akan meningkatkan kemampuan kognitif otak hingga 6 persen. Sementara itu, dengan melakukan push-up, kita justru mampu meningkatkan kemampuan kognitif hingga 12 persen. Namun, kopi memang lebi baik dalam membuat ingatan jangka pendek kita meningkat, yakni bisa mencapai 26 persen, jauh dari efek olahraga push-up yang hanya 16 persen saja.

Baca Juga:  Tahun 2020, Peralatan Makanan Dari Plastik Dilarang di Perancis

Ferenstain sendiri merekomendasikan olahraga kombinasi antara lompatan dan push-up yang disebut sebagai burpee yang bisa dilakukan sebanyak 20 kali atau mountain climber, olahraga yang dilakukan dengan posisi tubuh mirip dengan push-up namun dengan mengankat kaki secara bergantian hingga menyentuh area dada, dan melakukannya 40 kali saja. Kedua olahraga ini diyakini akan secara cepat menghilangkan rasa kantuk dengan efektif.