Mengandung Anak Laki-Laki Cenderung Lebih Beresiko Terkena Masalah Kesehatan

DokterSehat.Com – Setiap orang tua yang menantikan keturunan tentu tidak akan memilih-milih jenis kelamin apa nantinya anak mereka akan dilahirkan. Harapan untuk mendapatkan anak yang sehat saat dilahirkan tentu akan jauh lebih besar. Namun, sebuah penelitian justru menunjukkan jika jenis kelamin bayi yang dikandung bisa mempengaruhi kesehatan kandungan ibu dimana anak laki-laki ternyata bisa meningkatkan resiko masalah kehamilan layaknya kelahiran prematur, tekanan darah, hingga adanya komplikasi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-hamil-kehamilan-anak-laki

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Adelaide dilakukan dengan meneliti data kelahiran yang terjadi dalam rentang waktu 30 tahun. Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat, professor Claire Roberts mengungkapkan jika ada kecenderungan memang bayi laki-laki memberikan masalah kehamilan dengan signifikan. Wanita yang mengandung bayi laki-laki juga memiliki kecenderungan 4 persen lebih besar terkena masalah diabetes gestasional selama masa kehamilan. Selain itu, ada kemungkinan bayi yang terlahir dengan operasi caesar, kecacatan saat lahir, hingga meninggal saat terlahir.

Menurut Roberts, bisa jadi adanya perbedaan antara plasenta antara bayi laki-laki dan perempuan menjadi penyebabnya. Sebagai informasi, plasenta adalah semacam jalur kehidupan bagi bayi untuk mendapatkan asupan oksigen dan makanan yang dibutuhkan anak untuk tumbuh di dalam kandungan. Perbedaan plasenta ini bahkan bisa memicu ibu hamil mengalami pre-eklampsia jika mengandung anak laki-laki, yakni adanya gangguan tekanan darah yang sangat berbahaya.

Melihat adanya fakta ini, ibu hamil memang diminta harus menjaga kesehatan kehamilan dan kondisi tubuhnya dengan baik. Pemeriksaan ke dokter kandungan juga harus dilakukan secara rutin sehingga berbagai masalah kehamilan yang tidak diinginkan tentu tidak akan terjadi karena dokter akan memberikan saran terbaik bagi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.