Mengalami Pecah Pembuluh Darah di Otak, Pedangdut Senior Hamdan ATT Tidak Boleh Makan Nasi

DokterSehat.Com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari pedangdut senior Hamdan ATT. Hamdan harus dilarikan ke ruang ICU Rumah Sakit Polri karena mengalami pecah pembuluh darah pada otaknya. Beruntung, meskipun termasuk dalam indikasi dari penyakit stroke, kondisi pecah pembuluh darah di otak yang dialami oleh Hamdan termasuk tidak terlalu buruk.

doktersehat-hamdan-sakit

Pakar kesehatan dr. Frandy Susatia, SpS yang berasal dari Siloam Hospitals di Kebon Jeruk, Jakarta, menyebutkan bahwa penyebab dari pecahnya pembuluh darah seringkali adalah karena tekanan darah yang meningkat sangat tinggi, apalagi jika hal ini terjadi pada mereka yang memang memiliki riwayat terkena hipertensi, diabetes, obesitas, atau masalah kolesterol. Selain itu, mereka yang kerap hidup dalam kondisi stress atau depresi juga bisa terkena masalah kesehatan ini.

Meskipun sempat tak sadarkan diri, Hamdan dilaporkan sudah mulai sadar dan kini sudah dipindah dari ruang ICU ke ruang perawatan. Yang unik adalah, ada sebuah pesan dari dokter yang menangani kondisi kesehatannya yang menyebutkan bahwa Hamdan tidak boleh makan nasi terlebih dahulu.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Muhammad Rhadian Arief, SpBS yang berasal dari Rumah Sakit Medistra menyebutkan bahwa meskipun tidak secara spesifik menyebut nasi sebagai salah satu pantangan, setiap dokter memang memiliki pertimbangan tersendiri demi mencegah datangnya stroke pada pasiennya. Dalam kasus yang melibatkan pedangdut yang sudah berusia 71 tahun ini, nasi dianggap sebagai makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tidak jenuh yang mampu membuat kadar gula darah meningkat sekaligus diolah tubuh menjadi cadangan lemak. Hal ini ternyata bisa semakin meningkatkan resiko stroke pada mereka yang mengalami diabetes, obesitas, masalah tekanan darah dan kolesterol. Tak hanya nasi, berbagai makanan lain yang kaya kandungan lemak dan karbohidrat yang kurang baik juga sebaiknya dihindari demi mencegah datangnya stroke.

Baca Juga:  Pria Ini Terkena Stroke Saat Dikeramasi di Salon, Kok Bisa?

Dr. Frandy sendiri berpikir jika kondisi Hamdan yang belum benar-benar siuman secara sepenuhnya membuat dokter memilih untuk memberikan pantangan untuk makan nasi karena dikhawatirkan hal ini bisa membuatnya tersedak.