Mengalami Masalah Retina

Pertanyaan Konsultasi



Salam Dokter,
Selamat malam,dokter,awal tahun saya mengalami masalah di salah satu retina mata saya,dampaknya mata terasa silau,perih dan terdapat bercak putih di retina mata kanan saya. Setelah saya konsultasikan ke dokter mata,saya dirujuk ke dokter spesialis penyakit dalam dan tes darah. Hasil tes darah ANA IF Positif (Pola Granular nucleoplasm/speck led ,titer 1:100). Selain itu,kulit saya tampak lebih hitam dan rambut rontok. Namun saya tidak mengalami bercak pada wajah maupun kulit lain seperti gejala Lupus umumnya. Apa dengan hasil tes darah dan gejala tersebut saya dapat divonis penyakit Lupus? Terima kasih,dokter.

Salam

Ibu  Brenda

Jawaban Konsultasi

Salam Sejahtera,
Uji ANA merupakan skrining untuk lupus eritematosus sistemik (SLE) dan penyakit kolagen lainnya. Kadar total ANA juga dapat meningkat pada penyakit skleroderma,rheumatoid arthritis,sirosis, leukemia,mononukleosis infeksiosa dan malignansi. Untuk mendiagnosis lupus,temuan uji ANA harus dibandingkan dengan hasil uji lupus lainnya.
HASIL NORMAL : Negatif ( kurang dari 20 Units)
HASIL ABNORMAL : Equivocal : 20 – 60 Units, Positif : lebih dari 60 Units atau titer 1/160 atau lebih.
Nilai rujukan untuk tiap laboratorium mungkin bisa berbeda. Sebaiknya bawa kembali hasil lab ke dokter yang meminta pemeriksaan lab dan disesuaikan dengan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan nya terhadap anda. Trims

Salam

dr. Vanny Bernadus

Team DokterSehat.com