Mengalami Masalah Rambut Rontok? Awas, Bisa Jadi Ini Tanda Anemia

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan masalah rambut rontok yang tentu bisa memicu penipisan rambut atau bahkan kebotakan. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika masalah rambut rontok ternyata juga bisa menjadi tanda akan adanya masalah kesehatan yang jauh lebih serius, yakni anemia. Sebenarnya, bagaimanakah caranya anemia atau yang lebih dikenal dengan sebutan kurang darah ini bisa memicu masalah kerontokan rambut?

doktersehat-kesehatan-rambut-bercabang

Sebagai informasi, anemia bisa muncul karena rendahnya zat besi yang ada di dalam darah atau rendahnya kadar sel darah merah di dalam darah, bukan karena kadar darah kita yang rendah. Sayangnya, rendahnya kadar zat besi ini ikut berkaitan erat dengan masalah kerontokan rambut. Andai kita memang termasuk dalam orang-orang yang tidak mendapatkan asupan zat besi secara cukup, maka kita memang memiliki resiko besar untuk terkena masalah kesehatan ini.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 dan melibatkan setidaknya 5.110 partisipan berjenis wanita dengan rentang usia 35-60 tahun, diketahui bahwa 59 persen wanita bisa mengalami masalah kerontokan rambut yang cukup parah yang diakibatkan oleh rendahnya kadar zat besi dalam darah. Mereka yang mengalami masalah kerontokan rambut parah ini juga mengalami anemia.

Meskipun kekurangan zat besi bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kadar zat tersebut secara rutin, ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mendapatkan saran diet yang tepat. Hal ini dikarenakan jika kita justru mengalami kelebihan asupan zat besi, bisa jadi kita akan mengalami masalah kesehatan lainnya. Hanya saja, dokter biasanya akan menyarankan kita untuk mengkonsumsi hati, daging, gandum, sayuran hijau, dan beberapa bahan makanan yang kaya akan vitamin C yang akan membantu tubuh dalam menyerap zat besi dengan lebih baik. Kita juga akan diminta untuk menghindari minuman berkafein terlebih dahulu agar masalah kekurangan zat besi ini bisa segera diatasi.