Mengalami Kondisi Ini Saat BAB? Waspadai Kanker Usus

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang tidak menyadari kedatangan kanker usus. Hal ini disebabkan oleh gejala dari penyakit ini yang cenderung mirip dengan penyakit lainnya. Mengingat penyakit ini bisa sangat mematikan, ada baiknya kita mengenal beberapa gejala dari kanker usus seperti sebagai berikut.

doktersehat-Apendisitis-Radang-Usus-Buntu

Dilansir dari Express, Cancer Research UK menyebutkan bahwa salah satu gejala dari kanker usus adalah keluarnya darah dari anus saat buang air besar. Selain itu, pada anus juga muncul benjolan. Yang menjadi masalah adalah, gejala ini kerap kali dianggap sebagai masalah wasir.

Gejala lain dari kanker usus adalah benjolan yang muncul di perut, rasa sakit pada perut atau anus, menurunnya berat badan secara drastis, hingga rasa lelah yang berlebihan dan gangguan napas yang disebabkan oleh rendahnya jumlah sel darah merah.

Tanda lain dari kanker usus yang patut untuk kita waspadai adalah berubahnya kebiasaan buang air besar. Selain itu, sensasi tegang pada anus saat melakukannya juga menjadi tanda yang patut untuk diwaspadai. Hal ini disebabkan oleh kanker yang bisa saja menutup jalan usus dan akhirnya membuat buang air besar menjadi tidak normal.

Pakar kesehatan dari Sistem Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyarankan kita untuk mewaspadai tiga tanda utama dari kanker usus, yakni peningkatan frekuensi buang air besar, sakit perut yang lebih sering muncul, dan tekstur kotoran yang semakin lembek.

Mereka dengan usia lebih dari 50 tahun, memiliki riwayat keluarga terkena kanker usus, terkena diabetes tipe 2, hingga yang menerapkan gaya hidup tidak sehat adalah yang paling rentan terkena masalah kesehatan ini. Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai mengubah gaya hidup demi mencegah kedatangannya seperti dengan menurunkan asupan daging merah dan daging olahan dan menurunkan asupan alkohol.

Baca Juga:  Duduk Empat Jam Dalam Sehari Mampu Meningkatkan Risiko Kanker Usus

Rajin-rajinlah mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah demi mencegah datangnya kanker usus dengan lebih baik.