Mengalami Cedera Otot? Cobalah Melakukan Terapi Alami Berikut Ini

DokterSehat.Com – Kadangkala setelah melakukan olahraga, khususnya olahraga dengan intensitas yang berat, maka kita akan mengalami cedera otot yang tentu akan membuat tubuh kita merasa tidak nyaman. Sebagai contoh, kita mengalami cedera otot setelah melakukan olahraga lari sehingga kita pun akan kesulitan untuk berjalan dengan nyaman. Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan terapi alami seperti sebagai berikut.

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Lakukan Peregangan
Meskipun badan sedang terasa sangat tidak karuan karena cedera otot, jangan ragu untuk melakukan peregangan pada tubuh untuk mengatasinya. Cobalah untuk melakukan peregangan pada otot yang terasa sakit. Dengan melakukan peregangan, maka berbagai racun sisa hasil pembakaran pada otot bisa segera dipecah dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Mandi Dengan Air Dingin
Tahukah Anda, salah satu terapi yang paling banyak dilakukan atlet olahraga professional untuk mengatasi cedera otot adalah dengan cara berendam dengan air dingin atau air es setelah berolahraga? Pakar kesehatan menyebutkan jika setelah berolahraga, otot-otot kita cenderung mengalami pembengkakan sehingga beresiko mengalami cedera. Dengan merendamnya dengan air dingin atau air es, maka otot-otot bisa segera pulih dan aliran darah pun menjadi lebih lancar. Hal ini akan menurunkan resiko peradangan dan juga cedera. Mandi air dingin diyakini akan mampu memberikan efek yang sama layaknya kita berendam atau mengompres badan dengan es untuk mengurangi cedera.

Kita juga bisa melakukan kombinasi dengan mandi air hangat sebentar yang kemudian dilanjutkan dengan air dingin. Meskipun pada awalnya terasa tidak nyaman, namun melakukan kombinasi mandi air hangat dan air dingin akan membuat tubuh lebih cepat membuang asam laktat dan menurunkan cedera.

Minuman Jahe
Penelitian yang dilakukan oleh Georgia College and State University menyebutkan jika kita bisa mengkonsumsi minuman jahe yang bisa membuat kita meredakan peregangan pada otot dengan cepat.