Menenangkan Diri Bisa Meningkatkan Kualitas Otak

DokterSehat.Com – Seringkali kita mengaitkan mereka yang memilih untuk menenangkan diri sebagai orang-orang yang sedang mengalami masalah atau ingin meredakan stress atau depresi. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita sedang dalam kondisi yang sehat dan bugar tanpa adanya masalah fisik maupun psikologis, kita juga bisa menenangkan diri. Secara medis, menenangkan diri ternyata bisa memberikan dampak yang bagus bagi organ otak, khususnya dalam meningkatkan kualitas dan fungsinya. Apa sajakah cara menenangkan diri yang terbukti bisa meningkatkan kualitas otak?

shutterstock_139873150 copy

Meditasi adalah cara menenangkan diri yang pertama dan cukup populer oleh beberapa kalangan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dengan melakukan meditasi secara rutin, kita  bisa membuat otak kita menjadi lebih kreatif. Penelitian yang dirilis oleh jurnal Mindfulness bahkan menyebutkan jika meditasi selama 20 menit secara rutin akan membuat seseorang akan menjadi lebih tenang, bahkan meskipun saat meditasi tersebut terdapat banyak sekali pikiran yang terlintas. Banyak pekerja kreatif yang meyakini meditasi sebagai salah satu solusi saat mereka sedang buntu dan tidak mampu mengeluarkan ide-ide unik dan baru.

Selain meditasi, hal sederhana layaknya merenung ternyata juga terbukti mampu meningkatkan kualitas otak. Sebuah penelitian dari Cornell University bahkan mengungkapkan fakta dimana mereka yang mau merenungi berbagai masalah, masa lalu, dan berusaha untuk mencari solusi akan kehidupannya akan cenderung membuat kemampuan memori dan penyelesaian masalah pada otak yang jauh lebih baik.

Kita juga bisa membuat kualitas otak kita meningkat hanya dengan melamun. Meskipun melamun terkesan sebagai hal yang membuang-buang waktu saja, namun pakar kesehatan justru menunjukkan jika anda bisa memiliki memori yang jauh lebih baik karena melamun akan melatih otak untuk memperhatikan dan mengingat detail kecil. Anda bisa saja menikmati lamunan di pagi atau sore hari di akhir pekan dengan menatap ke luar jendela dengan ditemani teh yang nikmat untuk melatih daya memori anda.