Menelepon Dengan Durasi Sangat Lama Tidak Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Ponsel kini telah menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari manusia. Bagaimana tidak, hampir semua informasi yang dibutuhkan bisa dengan mudah dicari melalui ponsel. Selain itu, berhubungan dengan kawan-kawan atau keluarga kini bisa dilakukan dengan lebih sederhana dengan memakai ponsel. Masih ada banyak orang yang memakai ponsel untuk melakukan panggilan dalam waktu yang lama. Selain sekadar untuk mengobrol, banyak orang yang memakai ponsel untuk menelepon orang lain untuk keperluan bisnis. Yang menjadi masalah adalah, pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang cenderung menelepon dalam durasi waktu yang lama akan beresiko mengalami masalah kesehatan!

ktersehat-gangguan-pendengaran

Penelitian yang dirilis oleh jurnal Electromagnetic Biology and Medicine mengungkapkan fakta dimana setiap orang sebaiknya hanya melakukan panggilan telepon tidak lebih dari 20 menit setiap harinya. Jika melebihi durasi waktu tersebut, dikhawatirkan paparan radiasi dari ponsel akan menyebabkan masalah kesehatan berupa peningkatan resiko kanker otak.

Pemimpin penelitian Igor Yakymenko menyebutkan jika mereka yang menelepon dengan durasi yang lama setiap harinya ternyata memiliki resiko terkena kanker otak hingga tumor saraf akustik tiga hingga lima kali lebih besar. Penelitian ini sendiri melibatkan para pengguna ponsel yang hobi menelepon lebih dari 20 menit dalam sehari selama setidaknya lima hingga 10 tahun. Dari penelitian ini sendiri ditemukan fakta bahwa kebanyakan orang yang menelepon dalam durasi waktu yang lama ternyata adalah mereka yang masih berusia remaja atau anak-anak. Sementara itu, orang dewasa justru akan lebih bijak dalam menggunakan ponsel mereka.

Andai anda adalah seorang pebisnis yang kerap melakukan panggilan telepon dalam waktu yang lama setiap harinya demi kepentingan bisnis, anda bisa beralih ke penggunaan teknologi handsfree yang bisa mengurangi paparan radiasi ponsel yang didekatkan pada telinga selama menelepon. Dengan melakukan hal ini, resiko terkena masalah kesehatan akibat lama menggunakan ponsel pun bisa dihindari.