Mendeteksi Penyakit dari Wajah

DokterSehat.Com – Wajah tak hanya berfungsi untuk mengekspresikan perasaan marah, sedih, atau senang. Ternyata wajah juga bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit dalam tubuh.

doktersehat-wajah-pusing

Pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad telah menggunakan wajah untuk mendiagnosa penyakit. Daerah wajah tertentu bisa menunjukkan kondisi kesehatan organ dalam dan kondisi emosional seseorang. Berikut bagian wajah yang bisa membantu Anda untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan:

Pipi Tengah
Sistem pernapasan berhubungan dengan pipi, sehingga ruam ringan di sekitar pipi bisa mengindikasikan tubuh mengalami kekurangan oksigen. Diperlukan latihan pernapasan untuk memperdalam napas.

Seorang naturopathy spa, Hannah Yangmenyarankan untuk melakukan meditasi, olahraga, atau latihan pernapasan untuk memperbaiki napas Anda.

Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan rusaknya kapiler sehingga muncul perubahan warna dan garis-garis halus di area ini sebagaimana yang ditunjukkan penderita asma, pilek, atau flu. Warna merah yang berlebihan pada pipi bisa juga menandakan terkena rosacea. Mengonsumsi alkohol dan kopi bisa membuat pipi makin merah.

Mulut
Mulut bisa menunjukan konidsi kesehatan organ dalam perut. Bagian bibir menunjukkan kondisi kesehatan usus dan lambung, sementara itu area sekitar mulut sampai ke rahang memperlihatkan kondisi kesehatan usus besar.

Perubahan warna atau flek di daerah bibir bisa mendiagnosa penyakit seperti kembung, nafsu makan berkurang, atau sembelit.

Kelebihan asam lambung ditunjukkan dengan gusi berdarah. Kondisi bibir bersisik dan kering jelas menunjukkan tanda-tanda tubuh mengalami dehidrasi. Bibir pecah-prcah dan berdarah mengindikasikan bahwa limpa Anda membutuhkan perawatan. Jika tanda-tanda ini muncul sebaiknya segera penuhi asupan zat besi dan vitamin B dalam tubuh.

Dagu
Dagu bisa mendiagnosa penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih. Daerah ini bisa menunjukkan adanya ketidakseimbangan hormon yang ditunjukkan dengan timbulnya jerawat di bagian ini.

Baca Juga:  Hati-hati Bahaya Penggunaan Korset Pada Jangka Panjang

Penggumpalan darah di dagu bisa mengindikasikan bahwa ginjal terlalu lelah bekerja atau Anda dalam kondisi terlalu stres.

Dahi Tengah
Dahi tengah berhubungan dengan organ jantung, kandung kemih, dan usus halus. Kondisi dahi yang memerah dan bersisik bertanda bahwa ada masalah di saluran pencernaan Anda sehingga butuh pelumasan. Supaya kondisi pencernaan tetap baik, kurangi konsumsi makanan berminyak, produk susu, dan daging olahan.

Daerah di antara alis
Daerah ini berhubungan dengan hati sehingga bisa menunjukkan bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau adanya racun lain pada hati Anda. Kondisi emosional seseorang juga bisa ditunjukkan pada daerah ini. Pengobatan tradisioanl Cina mengaitkan kondisi hati dengan kemarahan. Jika terdapat tanda-tanda pada daerah ini sebaiknya kontrol kemarahan Anda.