Menderita Vertigo karena BPPV? Lakukan Hal Ini di Rumah

DokterSehat.Com – Mengalami sakit kepala tipe vertigo pastilah bukan merupakan pengalaman yang menyenangkan. Sensasi pusing dan berputar yang ditimbulkan oleh vertigo dapat berdampak pada aktivitas kita sehari-hari. Aktivitas menjadi terbatas dan bahkan bisa menyebabkan sakit hingga anda harus bed rest. Vertigo disebabkan oleh berbagai macam sebab, dengan penyebab paling sering adalah BPPV (benign paroxysmal positional vertigo).

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

BPPV terjadi ketika terdapat endapan kristal kalsium pada telinga bagian dalam. Biasanya gejala vertigo pada BPPV terasa saat akan tidur dan bangun dari tempat tidur atau saat mendongakkan kepala ke atas. BPPV biasanya terjadi pada mereka dengan usia lebih dari 60 tahun.

Penatalaksanaan BPPV bervariasi bergantung pada derajatnya. Adapun ada hal-hal yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengurangi gejala vertigo yang menyertai. Sebelum mencoba, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui tipe vertigo yang anda alami dan telinga mana yang terkena.

Berikut adalah beberapa manuver yang bisa anda lakukan di rumah:

Manuver Epley
Jika vertigo berasal dari telinga kiri:

  • Duduk pada bagian tepi tempat tidur. Putar kepala 45°ke kiri. Letakkan bantal di bawah anda sehingga ketika anda berbaring, bantal berada diantara bahu, bukan di bawah kepala.
  • Kemudian secara cepat anda berbaring, wajah menghadap ke atas, dengan posisi kepala di tempat tidur (masih dengan posisi sudut 45°). Bantal harus berada dibawah bahu anda. Tunggu selama kurang lebih 30 detik (sampai vertigo menghilang).
  • Putar kepala 90 derajat ke arah kanan tanpa menaikkan posisi kepala. Tunggu 30 detik
  • Putar kepala dan tubuh pada sisi tersebut ke arah kanan sehingga anda dapat melihat ke arah lantai. Tunggu selama 30 detik.
  • Duduk perlahan-lahan, tetapi tetap di tempat tidur selama beberapa menit.
Baca Juga:  Pepaya Lindungi Kulit Sampai Jantung

Jika vertigo anda berasal dari telinga kanan, lakukan cara di atas dengan arah sebaliknya.

Manuver Semont
Cara ini hampir mirip dengan manuver epley. Jika vertigo berasal dari telinga kiri, lakukan cara berikut:

  • Duduk pada bagian tepi tempat tidur. Putar kepala 45°ke kanan.
  • Secara cepat anda berbaring ke sisi kiri. Tunggu selama 30 detik.
  • Kemudian, secara cepat, anda pindah berbaring ke sisi berlawanan ujung tempat tidur. Jangan ubah arah kepala, tetap pertahankan sudut 45 derajat. Tunggu selama 30 detik.
  • Kemudian lihatlah ke arah lantai dan kembali ke posisi duduk perlahan-lahan dan tunggu beberapa detik.

Lakukan cara tersebut dengan arah sebaliknya pada vertigo yang berasal dari telinga kanan. Lakukan cara diatas tiga kali sehari sampai dengan 24 jam bebas vertigo.

Konsultasi Ke Dokter

Setelah melakukan manuver diatas, sebaiknya jangan menggerakkan kepala terlalu ke arah atas atau ke arah bawah. Jika sudah melakukan cara diatas selama seminggu, namun tidak dirasakan  adanya perbaikan, sebaiknya anda harus berkonsultasi lagi ke dokter untuk dievaluasi lagi penyebab vertigo dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.