Menderita Diabetes, “Bang Napi” Meninggal Dunia

DokterSehat.Com– Arie Hendrosaputro, salah satu aktor yang dikenal sebagai “Bang Napi” dalam sebuah acara berita kriminal salah satu televisi swasta menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, Selasa 3 Oktober 2017. Arie meninggal setelah menderita diabetes dalam waktu yang cukup lama. Salah seorang keluarga Arie, Lubba Rossita, menyebutkan bahwa Arie memang sudah lama menderita diabetes. Hanya saja, pihak keluarga masih belum tahu apakah meninggalnya Bang Napi ini karena penyakit yang dideritanya tersebut atau tidak.



Dalam dunia medis, diabetes memang termasuk dalam penyakit yang bisa memicu kematian. Hanya saja, biasanya diabetes akan menyebabkan komplikasi pada berbagai organ vital tubuh terlebih dahulu sebelum menyebabkan kematian. Menurut laporan dari WHO, disebutkan bahwa 8,5 persen orang dengan usia lebih dari 18 tahun menderita diabetes pada tahun 2014. Pada tahun 2015, tercatat bahwa penyakit ini memicu kematian pada 1,6 juta orang. Kebanyakan kematian yang disebabkan oleh diabetes dipicu oleh kerusakan hati, pembuluh darah, mata, saraf, hingga ginjal.

Diabetes disebabkan oleh organ pankreas yang tidak lagi mampu memproduksi insulin atau karena tubuh tidak lagi mampu memanfaatkan insulin yang sudah ada. Alhasil, gagalnya fungsi insulin ini membuat kadar gula darah dalam tubuh tak terkendali yang bisa memicu kerusakan saraf dan pembuluh darah.

Orang dewasa yang menderita diabetes diketahui memiliki resiko terkena serangan jantung atau stroke hingga 3 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidapnya. Tak hanya itu, penderita diabetes juga beresiko besar mengalami penurunan penglihatan atau bahkan kebutaan, infeksi, dan resiko besar untuk mengalami amputasi pada bagian tubuh jika mengalami luka yang tak kunjung bisa disembuhkan.