Mendengkur Tanda Badan Terlalu Capek?

tidur_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/sipes23

DokterSehat.Com– Saat kita mendengar seseorang tidur sambil mendengkur dengan keras, banyak orang yang langsung menganggapnya sedang berada dalam kondisi sangat kelelahan. Sebenarnya, apakah memang tubuh yang sedang kelelahan akan membuat kita lebih mudah mendengkur saat tidur?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mendengkur ternyata tidak disebabkan oleh badan yang terlalu capek. Gangguan tidur ini dipicu oleh terjadinya penyempitan saluran pernapasan bagian atas yang dipicu oleh jatuhnya pangkal lidah ke bagian belakang.

Hanya saja, saat kita sedang kelelahan, kita memang cenderung langsung merebahkan tubuh ke atas kasur dan tidur dalam posisi terlentang. Padahal, tidur dengan posisi ini akan membuat kita lebih rentan untuk mendengkur. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur dengan posisi miring yang bisa membantu saluran pernapasan bisa menjadi lebih lega sehingga kita pun tidak akan mudah untuk mendengkur.

Hal ini berarti, mendengkur memang tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang normal meskipun kita memang cenderung mengalaminya saat tubuh terasa lelah. Menurut pakar kesehatan, hal ini bisa jadi dipicu oleh masalah tekanan darah tinggi atau bahkan sleep apnea, kondisi dimana saat tidur kita mengalami henti napas yang tentu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melihat adanya fakta ini, pengidap masalah mendengkur sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter agar bisa segera mengatasinya. Tak hanya menggunakan obat konvensional, beberapa terapi atau pengobatan alternatif juga bisa kita gunakan untuk menghentikan masalah mendengkur.

Dengan tak lagi mendengkur saat tidur, kita pun akan bisa tidur dengan lebih nyenyak sehingga saat bangun pagi kita akan mendapatkan sensasi tubuh yang jauh lebih segar dan bugar.