Mencicipi Masakan, Kebiasaan Makan Yang Buat Anda Gemuk

DokterSehat.Com – Makanan menjadi bahan satu-satunya untuk bisa sehat dan mendapatkan energi. Memasak di rumah sepertinya menjadi solusi terbaik untuk bisa mengawasi apa saja yang Anda makan dan seberapa bersih dan sehatnya makanan yang Anda konsumsi. Saat Anda sedang diet, menyiapkan dan memasak makanan Anda sendiri merupakan salah satu yang harus diterapkan. Namun seringkali memasak sendiri itu tidak mudah dan malah membuat Anda gemuk.

11

Bukan aktivitas memasaknya yang membuat Anda gemuk, namun kebiasaan yang biasa muncul selama memasak lah yang menjadikan tujuan diet Anda gagal. Seperti dikutip dari health.com, salah satu kebiasaan yang bisa membuat Anda cepat gemuk adalah mencicipi makanan.

Seringkali, saat menyiapkan makanan, Anda akan secara tidak sengaja ngemil makanan yang Anda buat. Tidak masalah jika mencicipi makanan bertujuan untuk memastikan rasa makanannya dan hanya dilakukan 1-2 kali saja. Namun terkadang, selagi memasak, perut sudah keroncongan dan ingin segera diisi.

Dengan mencium aroma sedap dari makanan, Anda jadi tergoda mencicipi lagi dan lagi atau malah mencari pelampiasan lapar dengan cemilan yang bisa mengganjal perut Anda sembari menunggu masakan matang. Nah, inilah yang tidak sehat. Inilah yang kemudian menjadi penyebab Anda susah kurus.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya sebelum mulai memasak, minum air putih dulu 1-2 gelas untuk menjaga perut tetap kenyang. Jika tidak, Anda juga bisa mencoba mengganjal perut dengan makan buah-buahan saja, misalnya satu buah apel.

Dengan begini, acara mencicipi dan ngemil saat memasak jadi teralihkan dan tidak berisiko menggagalkan diet Anda.