Mencermati Dampak Merokok Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Tampaknya kita semua sudah tahu bahwa rokok berdampak buruk bagi kesehatan, oleh karena itu disarankan agar kebiasaan merokok sebaiknya dihindari atau dihentikan bagi yang sudah terlanjur terbiasa merokok karena. Merokok memang sepertinya sudah menjadi sebuah kewajaran di masyarakat dan tidak lagi dipandang tabu. Laki-laki, perempuan, tua bahkan yang masih remajapun banyak yang memiliki kebiasaan merokok.



Peringatan mengenai bahaya merokok sudah sering disosialisasikan, bahkan dalam bungkus kemasan rokokpun dicantumkan bahaya merokok tersebut. Tetapi seperti sudah mengakar, kebiasaan merokok tetap saja tidak dapat dihilangkan sepenuhnya. Simak ulasan mengenai bahaya merokok di bawah ini dan sadarilah bahwa kebiasaan merokok hanya akan mendatangkan malapetaka.

Meningkatkan resiko kanker

Sudah merupakan suatu hal yang diketahui secara luas di masyarakat bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, terutama kanker paru-paru. Salah satu kandungan dari rokok adalah Tar. Zat inilah yang memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Tar merupakan sejenis cairan yang berwarna coklat atau hitam yang lengket.

Saat perokok menghisap rokok, tar akan berpindah ke dalam paru-paru dan akhirnya menempel. Karena Tar merupakan substansi hidrokarbon, maka lama-kelamaan, seiring dengan berjalannya terus kebiasaan merokok, Tar akan menumpuk dan memicu tumbuhnya sel kanker pada paru-paru. Selain Tar, Nikotin, yang juga merupakan salah satu kandungan rokok, juga berperan penting dalam meningkatkan resiko penyakit kanker pada seorang perokok. Nikotin tidak secara langsung memicu pertumbuhan sel kanker, akan tetapi menghambat tubuh untuk melawan sel-sel kanker. Walaupun secara tidak langsung, tetapi Nikotin tetap saja menjadi zat yang sangat merugikan bagi tubuh dan untuk itu sebaiknya sangat dihindari.

Kebiasaan merokok meningkatkan resiko penyakit kronis

Baca Juga:  Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur Memberikan Begitu Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Tidak hanya kanker, kebiasaan merokok juga dapat mendatangkan penyakit-penyakit kronis lainnya seperti penyakit paru-paru. Kandungan xat-zat yang berbahay adi dalam rokok dapat mengendap di paru-paru dan menimbulkan gangguan fungsi paru-paru, seperti fibrosis atau pemadatan jaringan paru dan juga distorsi jalan nafas. Belum lagi meningkatkan resiko radang paru, mempercepat proses penuaan paru-paru, dan menghilangkan elastisitas normal paru. Selain itu, merokok jua dapat mendatangkan penyakit vaskular, seperti penyumbatan pembuluh darah otak, dan stroke. Kebiasaan merokok juga memperparah penyakit yang telah diderita, seperti diabetes, misalnya. Penderita diabetes yang juga perokok memiliki resiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan penderita diabetes yang bukan perokok.

Pada intinya, dampak merokok bagi kesehatan bisa sangat fatal, dan untuk itu sebaiknya kebiasaan merokok segera dihentikan sebelum terlambat.