Mencegah Varises Saat Kehamilan

DokterSehat.Com – Perubahan hormon yang sangat signifikan saat kehamilan bisa mempengaruhi begitu banyak hal pada ibu hamil. Sebagai contoh, ibu hamil biasanya akan cenderung lebih mudah kelelahan sehingga ada baiknya ibu hamil tidak bekerja terlalu keras dan sering mengambil waktu istirahat. Disamping itu, ibu hamil juga bisa mengalami gangguan kesehatan layaknya terkena varises di kakinya. Varises sendiri memang biasa muncul pada ibu hamil mengingat volume darah dan tekanan saat kehamilan ternyata mempengaruhi jaringan vena pada tubuh sehingga mempengaruhi bagian lain layaknya kaki dan menjadi varises.

doktersehat-hamil-olahraga-yoga

Varises sendiri bisa membuat kepercayaan diri ibu hamil bisa berkurang mengingat varises bisa menyebabkan tampilan yang tidak cantik pada bagian kaki. Seiring dengan membesarnya kehamilan, varises juga bisa semakin bertambah sehingga sebelum hal ini terjadi ibu hamil sebaiknya memakai beberapa trik ini agar varises bisa dicegah.

Varises memang kerap dikaitkan dengan semakin bertambahnya kenaikan berat badan ibu hamil. Kenaikan berat badan sebenarnya normal bagi ibu hamil, namun, ada baiknya anda menjaga kenaikan berat badan ini agar tidak menjadi berlebihan dan masih sesuai dengan indeks massa tubuh sehingga varises pun bisa dicegah. Menjaga berat badan tubuh bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang sehat dan juga melakukan olahraga. Dengan olahraga yang rutin, berat badan ibu hamil bisa dikendalikan dan sirkulasi darah pada tubuh pun menjadi semakin lancar. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, olahraga yang ringan dan sesuai dengan kondisi hamil setidaknya 30 menit per hari bisa mencegah kondisi varises.

Posisi tidur ibu hamil juga bisa diperhatikan. Tidur ke arah kiri dipercaya bisa menekan resiko terkena varises mengingat darah bisa dengan mudah mengalir kembali ke arah kanan tubuh, posisi dimana vena berlokasi sehingga peredaran darah pun menjadi lancar. Disamping itu, ibu hamil juga sebaiknya melakukan istirahat dengan tiduran setidaknya sekali dalam tiga jam dengan menaikkan posisi kaki lebih tinggi dari jantung demi sirkulasi darah yang lebih lancar. Dengan melakukan berbagai hal ini, ibu hamil pun tetap bisa mendapatkan kepercayaan diri tanpa adanya varises sekaligus mendapatkan kehamilan yang sehat.

Baca Juga:  Nutrisi Makanan untuk Mengatasi Masalah Kerontokan pada Rambut