Mencegah Terjadinya Lupus

Pertanyaan Konsultasi



Salam Dokter,

Dokter,mama saya sudah dua tahun ini divonis dokter menderita penyakit lupus. Sungguh sangat mengkhawatirkan ketika lupus itu tiba-tiba datang,sebab saat itu beliau sampai lumpuh. Bahkan untuk menggenggam jari saja tidak mampu. Tapi syukurlah saat ini mama sudah sehat walaupun masih terus chek up ke dokter.
Tadi dokter berkata jika bisa juga disebakan oleh faktor genetik. Nah,berapa persenkah kemungkinan tersebut terjadi pada diri saya?
Lalu apa yang harus saya lakukan dan saya hindari untuk terhindar dari risiko lupus tersebut?
Trimakasih Dokter.

Salam

Ibu Novi

Jawaban Konsultasi

salam Ibu Novi,

Ya ,kalau mendengar dari gejala yang dijabarkan ibunda bu novi mengalami reaksi artritis yang disebabkan karena SLE. Semoga ibu bu Novi dapat lebih terkontrol sistem imunnya sehingga penyakit Lupus tersebut tidak akut kembali.
Penyakit ini memang penyakit menurun,kemungkinan menurunnya bervariasi menurut angka penelitian sekitar 10-25 %, namun masih tergolong kecil. Untuk mencegahnya sendiri usahakan untuk menghindari pengaktifan sistem imun berlebihan seperti terkena infeksi berat dan usahakan pola hidup sehat seperti makan teratur dan bergizi,istirahat yang cukup,olahraga,hindari alkohol,rokok dan bahan berpengawet berlebihan.

 

Salam

dr. Nellyn Angela

Team DokterSehat.com