Mencegah Stroke Dengan Efektif

DokterSehat.Com – Stroke adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat belakangan ini. Memang, belakangan ini, jumlah orang yang meninggal karena terserang stroke jauh lebih meningkat dibandingkan dengan di jaman dahulu. Stroke yang merupakan kondisi dimana pembuluh darah yang menuju bagian otak mengalami pecah sehingga mengganggu sistem syaraf memang sering sekali dipicu oleh gaya hidup masyarakat modern yang cenderung tidak sehat belakangan ini. Disamping berpotensi sangat mematikan, stroke juga dapat meninggalkan kerusakan yang besar bagi tubuh manusia jika selamat. Untuk menghindari penyakit yang mengerikan ini, kita dapat melakukan gaya hidup sehat yang dapat kita lakukan sebagai berikut.



Banyak masyarakat yang mengkaitkan stroke dengan berat badan yang kurang ideal. Biasanya, orang dengan tubuh terlalu gemuk sering diidentikkan dengan mereka yang beresiko terkena stroke. Dalam realitanya, banyak orang yang bertubuh kurus juga terkena penyakit ini. Satu hal yang pasti, obesitas memang dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Namun, menjaga berat badan yang ideal agar tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk akan jauh lebih efektif menangkal resiko terkena penyakit ini.

Disamping mengkonsumsi makanan yang sehat layaknya buah-buahan dan sayuran hijau setiap hari yang dikenal mampu menekan resiko terkena stroke, kita juga harus mengurangi gaya hidup yang kurang sehat. Cek gaya hidup anda sekarang. Apakah anda sering memakan makanan siap saji yang kurang sehat, menenggak minuman beralkohol, atau bahkan masih merokok? Hentikanlah hal-hal buruk ini karena dapat menyebabkan hipertensi dan juga meningkatkan resiko stroke.

Meskipun sulit, menjadwalkan ulang waktu olahraga anda ternyata dapat menurunkan resiko terkena stroke. Olahraga yang teratur, khususnya di pagi hari akan sangat menyehatkan organ jantung dan juga membuat tekanan darah menjadi ideal. Andaipun anda sulit melakukan olahraga, anda bisa menggantinya dengan melakukan jalan kaki sewaktu berangkat kerja atau melakukan kegiatan lain karena hal ini pun sudah membuat tubuh anda bergerak. Jika kita menerapkan hal-hal sederhana ini, jantung kita pun niscaya akan jauh lebih sehat dan resiko terkena stroke pun menjadi lebih kecil.

Baca Juga:  Penelitian: Virus Zika Mampu Merusak Reproduksi Dari Tikus Jantan