Mencegah Sembelit yang Kerap Melanda Saat Perjalanan Jauh

DokterSehat.Com – Meskipun menyenangkan, perjalanan jauh bisa membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi jika kita mengalami sembelit. Memang, sembelit seakan-akan menjadi hal yang lumrah terjadi saat kita mengalami perjalanan jauh. Pakar kesehatan Kyle Staller. M.D, dari Massachusetts Hospital menyebutkan jika perubahan rutinitas saat melakukan perjalanan jauh mempengaruhi kinerja sistem pencernaan, khususnya pada bagian usus, sehingga kita akan dengan mudah mengalami sembelit. Sebenarnya, adakah yang bisa kita lakukan agar bisa mencegah sembelit saat perjalanan jauh?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Banyak air minum
Salah satu alasan utama mengapa kita mudah terkena sembelit saat perjalanan jauh adalah kurangnya air minum sehingga tubuh pun terkena dehirasi. Banyak orang menghindari banyak minum dengan alasan tidak ingin sering-sering buang air kecil yang tentu bisa mengganggu perjalanan. Padahal, hal ini bisa berdampak buruk pada usus besar dan memicu sembelit. Untuk mencegahnya, ada baiknya kita memperbanyak air minum sehari sebelum kita melakukan perjalanan jauh dan memastikan bahwa asupan air minum kita cukup selama perjalanan. Selain itu, hindari alcohol selama transit perjalanan karena bisa memicu tubuh semakin terdehidrasi.

Mengkonsumsi makanan berserat
Untuk mencegah munculnya sembelit selama perjalanan jauh, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyediakan makanan berserat yang bisa kita konsumsi selama perjalanan layaknya apel atau camilan dari bahan gandum utuh.

Gunakan toilet yang nyaman
Jenis toilet bisa mempengaruhi mudah tidaknya kita mengalami sembelit selama perjalanan. Sebagai contoh, andai kita tidak terbiasa memakai toilet duduk, ada baiknya kita tidak memaksakan diri untuk memakainya karena bisa membuat kita sulit untuk buang air besar.

Tenangkan pikiran
Perjalanan jauh bisa memicu stress dan hal ini bisa membuat sistem saraf simpatik menjadi lebih aktif dan hal ini bisa memicu gangguan pada saluran pencernaan. Demi menghindari hal ini, cobalah membuat tubuh setenang dan serileks mungkin selama perjalanan. Kita bisa mendengarkan musik yang menenangkan, membaca komik, hingga melakukan teknik pernafasan yoga yang bisa membuat pikiran lebih tenang dan kita pun tidak akan mudah mengalami sembelit.