Mencegah Ruam-Ruam Pada Bayi Karena Popok

DokterSehat.Com – Setiap orang tua yang baru saja dianugerahi bayi yang baru lahir tentu akan berusaha melindungi sang buah hati sebaik-baiknya sehingga terbebas dari berbagai masalah kesehatan dan bisa mengalami perkembangan fisik dan otak secara maksimal. Salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh bayi yang baru lahir adalah terjadinya ruam-ruam pada kulit bayi yang seringkali disebabkan oleh penggunaan popok. Sebagaimana kita ketahui, bayi memiliki jenis kulit yang cukup sensitif dan sangat halus sehingga jika kita tidak melakukan perawatan dengan benar, maka dikhawatirkan masalah kulit layaknya ruam-ruam kemerahan pun bisa dengan mudah muncul. Lantas, adakah cara agar kita bisa mencegah ruam-ruam ini agar tidak terjadi pada sang buah hati?

shutterstock_236645896 copy

Pakar kesehatan dan bayi menyebutkan jika kunci dari mencegah ruam-ruam ini adalah dengan memperhatikan dengan baik penggunaan popok pada sang buah hati. Pastikan bahwa popok tidak dipakai bayi terlalu lama. Banyak dari kita yang membiarkan popok dipakai pada bayi dalam jangka waktu yang lama dan bahkan baru diganti jika popok sudah kotor karena buang air kecil atau buang air besar. Hal ini ternyata bisa menyebabkan ruam-ruam pada kulit bayi. Cobalah untuk menggantinya secara berkala setidaknya beberapa jam sekali, apalagi jika ternyata popok sudah penuh dengan kotoran, maka kita tentu harus lebih sering menggantinya. Selain itu, gunakan pula popok bayi yang berbahan kain katun yang lembut bagi kulit bayi.

Untuk menjaga kesehatan kulit bayi, orang tua tentu sebaiknya memakai produk perawatan bayi. Namun, ingatlah bahwa dalam memilih produk perawatan bayi ini kita harus lebih teliti dan berhati-hati karena ternyata ada banyak produk perawatan bayi yang memakai bahan kimia berbahaya bagi kesehatan kulit. Produk-produk perawatan bayi layaknya tissue atau bahkan bedak yang akan sering kita pakaikan pada bayi tentu harus dipilih dengan selektif agar aman digunakan.

Baca Juga:  Beda Sakit Maag Dan Penyakit Saluran Cerna GERD

Tips terakhir menjaga bayi dari masalah ruam-ruam pada kulitnya adalah dengan memandikannya secara rutin. Dengan mandi secara rutin, kesehatan kulit bayi pun akan tetap terjaga dan terbebas dari berbagai macam kotoran, kuman, dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kesehatan layaknya ruam-ruam pada kulitnya.