Mencegah Nyeri Punggung

DokterSehat.Com – Jika anda berpikir jika nyeri punggung adalah masalah yang hanya akan dimiliki oleh para lanjut usia, maka anda salah besar! Kini, kita akan cukup mudah menemukan masalah sakit punggung yang dihadapi oleh generasi muda, bahkan oleh mereka yang bekerja seharian di kantor dengan posisi duduk yang sepertinya tidak melelahkan. Rasa nyeri pada punggung ternyata bisa menyerang siapa saja sehingga kita pun kini harus tahu bagaimana cara mencegah nyeri punggung dengan efektif.

doktersehat-nyeri--pinggang-panggul

Pakar kesehatan dr Arsanto menyebutkan jika nyeri punggung memiliki kaitan erat dengan tulang belakang, otot punggung, dan juga otot-otot perut. Untuk mencegah nyeri punggung muncul, Ia pun menyarankan kita untuk rutin melakukan latihan pada otot perut dan punggung yang bisa membuat tulang belakang menjadi lebih stabil. Beberapa jenis latihan layaknya latihan core strength atau latihan kekuatan otot inti ditengarai sangat baik dalam mencegah munculnya nyeri punggung. Bagaimana tidak, otot inti jika berada dalam kondisi yang lemah ternyata akan meningkatkan resiko nyeri punggung bagian bawah. Jika kita berhasil membuatnya menjadi lebih kuat, selain resiko munculnya nyeri punggung berkurang, postur tubuh pun akan menjadi jauh lebih baik.

Mengapa banyak pekerja kantoran yang beresiko mengalami nyeri punggung? Jawabannya adalah karena banyak dari mereka yang tidak duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang baik. Baik saat duduk maupun berdiri, banyak orang yang cenderung dalam posisi membungkuk sehingga lambat laun bisa memicu nyeri punggung. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika pekerja kantoran sebaiknya duduk dengan posisi mata sejajar dengan layar komputer dan lutut yang lurus dengan pinggul. Saat berdiri, usahakan jangan berada dalam posisi membungkuk, apalagi jika kita termasuk orang yang sering mengecek ponsel yang tanpa disadari bisa membuat kita membungkuk dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Stroberi, Buah Segar yang Mampu Membantu Menurunkan Kolesterol

Mencegah nyeri punggung juga bisa dilakukan dengan memberikan jeda untuk berjalan atau berdiri setidaknya satu menit selama dua jam waktu duduk. Jika diperlukan, cobalah melakukan sedikit peregangan yang bisa membuat bahu dan punggung menjadi lebih rileks. Selain itu, cobalah untuk menjaga berat badan tetap dalam kondisi seimbang karena jika kita mengalami kegemukan, maka resiko mendapatkan nyeri punggung pun akan meningkat.