Mencegah Masalah Tulang Belakang Dengan Memperbaiki Cara Membawa Tas

DokterSehat.Com – Jika kita mau mencermati, tas yang dibawa sehari-hari oleh para pekerja atau pelajar kini cenderung lebih berat jika dibandingkan dengan tas yang kita bawa saat kita masih kecil. Kita ambil contoh dimana pelajar masa kini bisa membawa berbagai macam barang yang sangat berat layaknya laptop, alat tulis, ponsel, atau bahkan peralatan make-up bagi para gadis. Berbagai kumpulan benda-tersebut bisa sangatlah berat, apalagi jika ditambah dengan botol air atau bekal makan siang.

doktersehat-sakit-pinggang-punggung-kerja-hernia

Pakar kesehatan menyebutkan jika kini banyak orang yang setiap harinya membawa tas dengan beban hingga tujuh atau bahkan sepuluh kilogram. Banyak orang yang menjadi komuter dengan menaiki transportasi umum harus melaju dengan tas yang berat ini pada punggungnya setiap hari. Kebiasaan inilah yang diyakini menjadi penyebab mengapa banyak orang mengeluhkan rasa nyeri dan pegal-pegal pada area punggung, bahu, hingga lehernya.

Tas masa kini memang didesain sedemikian rupa untuk menampung banyak hal. Meskipun terlihat praktis karena semua barang akan bisa dimasukkan, tas yang sangat berat ini akan dengan sempurna membuat kita mengalami masalah pada otot, saraf, ligamen, atau bahkan tendon di area bahu, leher, atau sekitar tulang belakang. Selain rasa nyeri pada area tersebut, banyak orang yang mengeluhkan gejala kelelahan yang berlebihan hingga sakit kepala.

Untuk menghindari masalah pada tulang belakang, kita tentu harus cermat dalam membawa tas dengan beban yang berat. Sebagai contoh, kita bisa memilih tas punggung yang akan membagi beban secara merata pada kedua bahu dan punggung alih-alih tas samping yang hanya memiliki satu tali sebagai penyalur bebannya. Selain itu, pilihlah tas dengan tali yang cenderung lebar dan memiliki bantalan yang tentu akan membuat pembagian beban lebih merata dan menurunkan resiko adanya hambatan pada peredaran darah.

Baca Juga:  Darah Menggumpal dan Nyeri Saat Haid

Andai anda masih belum memiliki pilihan untuk memakai tas punggung, anda bisa memakai tas samping anda secara bergantian dari bahu kanan ke bahu kiri atau sebaliknya apabila sudah terasa pegal. Meskipun sepele, kebiasaan ini akan memberikan kesempatan postur tubuh dan juga otot untuk memperbaiki keadaannya. Selain itu, hindari penggunaan tas pada siku karena akan meningkatkan resiko terkena cedera tendinitis.