Mencegah Lecet-Lecet Pada Kaki

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang sangat menyebalkan jika terjadi pada kaki adalah jika kaki terkena lecet-lecet. Selain bisa membuat rasa sakit karena terkelupasnya kulit, kita juga akan kesulitan memakai sepatu atau kaus kaki karena lecet ini bisa menjadi semakin parah. Penyebab dari lecet-lecet sendiri bisa terjadi karena kita tidak berhati-hati saat berjalan, berlari, atau bahkan mendaki. Selain itu, penggunaan alas kaki yang tidak nyaman atau tidak pas pada kaki juga ditengarai menjadi penyebab kaki bisa mengalami lecet-lecet. Lantas, apakah ada cara agar kita tidak mudah terkena lecet-lecet?

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Pemilihan alas kaki yang nyaman untuk digunakan jelas menjadi hal pertama yang harus kita lakukan untuk mencegah lecet-lecet pada kaki. Dengan alas kaki yang nyaman, tidak keras, apalagi memiliki bahan yang tidak terlalu parah menggesek kulit kaki saat berjalan maupun berlari, maka kita pun tidak akan mudah terkena lecet-lecet pada kaki.

Tips berikutnya untuk mencegah lecet-lecet pada kaki terkesan kuno, namun cukup efektif mencegah lecet-lecet; yakni dengan memberikan plester pada kaki yang rawan lecet layaknya pada tumit, sisi kaki, hingga jari-jari kaki.  Pakar kesehatan menyebutkan jika pernah dilakukan penelitian pada para atlet olahraga lari yang memiliki resiko kakinya terkena lecet-lecet. Para pelari ini ternyata memakai plester pada beberapa bagian kaki yang beresiko lecet-lecet dan hasilnya adalah, hanya 23 persen dari total pelari yang memakai plester mengalami lecet-lecet. Rasio ini sangatlah kontras jika dibandingkan dengan pelari yang tidak memakai plester dimana setidaknya 63 persen diantaranya mengalami lecet-lecet karena pemakaian sepatu untuk olahraga ini.

Selain memakai plester sebelum memakai sepatu atau sandal untuk berolahraga, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk memberikan lotion pada kulit kaki. Lotion kaki diyakini akan cukup efektif menjaga kelembutan kulit, mencegah masalah kapalan, dan mencegah lecet-lecet pada jari kaki dengan lebih efektif jika terkena gesekan saat berjalan, berlari, atau bahkan mendaki.