Mencegah Kulit Kering Saat Berenang

DokterSehat.Com – Berenang adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Bagi banyak orang, meskipun berenang hanya dilakukan dengan bergerak kesana kemari pada kolam, ternyata gerakan-gerakan ini bisa membuat pikiran menjadi jauh lebih tenang. Gerakan-gerakan yang terlihat sepele tersebut ternyata bisa membuat seluruh tubuh menjadi aktif sehingga tubuh pun akan mendapatkan banyak kebaikan. Sayangnya, kegiatan berenang juga membawa hal yang buruk, khususnya jika kita berenang pada kolam renang umum yang mengandung banyak klorin. Kandungan klorin ini diyakini akan membuat kulit menjadi terasa kering.

doktersehat-renang

Sebuah laporan yang dirilis oleh British Swimming menunjukkan fakta bahwa klorin yang banyak dipakai di kolam renang umum ternyata akan menempel pada kulit dan bisa menyebabkan kulit kering atau bahkan iritasi. Penggunaan klorin pada kolam renang memang sangatlah penting karena bahan kimia inilah yang mampu menjaga air kolam renang dari berbagai amcam bakteri yang bisa membawa banyak penyakit. Sayangnya, efek samping dari penggunaan bahan ini adalah kulit yang kering. Karena hampir semua kolam renang biasanya memakai klorin, maka kita pun sebaiknya segera membilas tubuh dengan bersih setelah berenang untuk mencegah iritasi pada kulit menjadi semakin parah.

Pakar kesehatan menyarankan kita agar segera memakai semacam lotion atau pelembab kulit setelah membilas tubuh dengan air bersih. Tak perlu pelembab kulit yang spesial, pelembab kulit yang disediakan oleh banyak produk kecantikan dianggap sudah cukup efektif untuk mencegah kulit kering setelah berenang. Selain itu, kita juga bisa memperbanyak asupan air putih setelah dan sebelum berenang yang diyakini cukup efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, tubuh pun akan lebih efektif mengeluarkan toksin dan menjaga kelembaban pada kulitnya.