Mencegah Komplikasi Diabetes Dengan Rutin Melakukan Cek Gula Darah

DokterSehat.Com – Sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia, diabetes diwaspadai oleh begitu banyak orang. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa secara langsung mempengaruhi kualitas kehidupan seseorang dan bahkan bisa sangat mematikan. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih cenderung kurang baik dan bahkan menyepelekan kondisi kesehatannya sehingga resiko terkena diabetes pun cukup tinggi. Padahal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin melakukan monitoring pada kadar gula dalam darah yang diyakini bisa secara efektif mencegah diabetes.

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Salah satu dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta; dr. Tri Juli Edi Tarigan, menyebutkan jika kita rutin melakukan cek gula darah, maka kita bisa mengetahui apakah kondisi gula darah kita termasuk dalam kondisi yang wajar atau tidak. Andai kondisi gula darah dianggap tidak normal, maka kita  pun bisa sebaik mungkin melakukan pencegahan atau penyesuaian gaya hidup dan pola makan agar lebih sehat sehingga masalah diabetes pun bisa dicegah.

Dengan rutin melakukan pengecekan kadar gula darah, dr. Tri Juli berkata jika kita akan lebih baik dalam membuat program terapi dan juga pengobatan penyakit diabetes, andai kita ternyata sudah didiagnosa mengalami masalah penyakit ini. Beliau juga menuturkan jika penyakit diabetes memang sangat sulit untuk disembuhkan dan bisa mempengaruhi kehidupan seseorang selamanya, namun, dengan rutin mengecek kadar gula dalam darah, maka kita pun bisa melakukan pengendalian yang bisa membuat tubuh tetap sehat setiap saat.

Dr. Tri Juli berkata jika penderita diabetes sebaiknya lebih baik dalam mengelola pola makannya agar tetap sehat dan tidak mudah menaikkan kadar gula dalam darah. Selain itu, dengan rutin melakukan aktifitas fisik, maka berbagai komplikasi yang disebabkan oleh diabetes yang bisa mematikan pun bisa dicegah.