Mencegah Kerontokan Rambut Pada Wanita

DokterSehat.com – Dikarenakan fungsi rambut yang sangat spesial bagi kaum hawa, maka perawatan rambut akan dilakukan semaksimal mungkin agar mahkota wanita ini tetap dalam kondisi yang sempurna. Berbagai produk shampoo atau perawatan rambut lainnya banyak diburu untuk mendapatkan rambut yang sehat, kuat, dan menarik. Produk-produk tersebut juga dipakai untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut. Salah satu masalah pada rambut yang cukup meresahkan kaum wanita adalah masalah kerontokan rambut.

19

Banyak sekali penyebab mengapa rambut akan mudah rontok. Kondisi mental dalam stress, pemakaian obat keras, penyakit jamur pada kulit, hormone yang tidak seimbang, atau bahkan saat wanita sedang dalam kondisi melahirkan dapat menjadi penyebab adanya kerontokan rambut. Untuk mengatasi masalah ini, kita sebaiknya tidak memilih beberapa produk shampoo, kondisioner atau perawatan rambut dengan asal-asalan. Jika kita tidak mengindahkan hal ini, ada kemungkinan bahwa bukannya masalah kerontokan rambut akan berkurang, namun justru akan bertambah semakin parah. Untuk menghindari masalah kerontokan rambut ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

  • Untuk menjaga kesehatan rambut, kita juga harus mengawali kesehatan tubuh secara keseluruhan, baik itu kesehatan fisik, maupun mental. Kita harus memperhatikan beberapa hal seperti kadar stress pada tubuh, seringnya kita berolahraga, hingga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk menjaga kesehatan rambut, protein dan zat besi sebaiknya selalu ada dalam makanan yang anda makan karena akan sangat bagus bagi rambut.
  • Selain hal tersebut, mengurangi asupan alkohol dan gula. Alkohol dapat menurunkan kadar zinc pada tubuh, kadar inilah yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kita pun dapat mengurangi kadar gula dalam darah karena gula cenderung merusak protein dan dapat mempercepat proses penuaan sel, kekeringan kulit kepala, dan rambut rontok.
  • Ada baiknya kita juga melindungi rambut dari sinar matahari yang dapat dengan mudah merusak kulit kepala.
  • Kandungan chlorine pada air kolam renang juga dapat merusak rambut. Ada baiknya sebelum berenang kita memakai kondisioner atau pelindung rambut terlebih dahulu,
  • Jangan mengikat rambut terlalu ketat, karena hal ini dapat membuat rambut akan dalam keadaan stress dan cenderung mudah rontok
  • Yang terakhir juga ada baiknya rambut dipotong secara berkala, rambut dengan kondisi pendek biasanya jarang mengalami masalah pecah-pecah di ujungnya ataupun kerontokan.