Tips Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Lebaran

doktersehat-diet-medifast

DokterSehat.Com– Lebaran sudah di depan mata, setiap yang merayakan hari kemenangan pasti akan mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi kultur atau tradisi masyarakat Indonesia. Salah satu tradisi yang masih lekat dan digunakan adalah dengan mengolah berbagai macam masakan khas lebaran, seperti ketupat, opor ayam, kare, dan berbagai macam makanan nikmat lainnya.

Biasanya, kebanyakan orang akan makan dalam jumlah banyak saat lebaran. Hal tersebut dikarenakan menu atau hidangan yang serba lezat dan menggugah selera. Selain itu, kadang ada yang ingin balas dendam untuk makan yang banyak karena selama sebulan telah melaksanakan puasa.

Namun, kendati makanan saat lebaran cukup menggugah selera, sebaiknya Anda tetap memerhatikan pola makan agar tidak berimbas pada kenaikan berat badan. Untuk mencegah kenaikan berat badan saat lebaran, lakukanlah tips berikut ini:

1. Menjaga Porsi Makan

Ketika lebaran tiba maka bukan saatnya Anda balas dendam dengan berbagai macam makanan yang tersedia. Usahakan untuk tetap menahan diri dan menjaga porsi makan supaya berat badan tidak mengalami kenaikan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyiasatinya dengan cara membatasi porsi makan dalam piring mini.

2. Stop Makan Sebelum Kenyang

Anda harusnya sudah berhenti makan sebelum merasa kenyang, jangan membuat perut Anda merasa penuh hingga tidak mampu menampung makanan lagi. Sebab perut yang kekenyangan tdak baik bagi kesehatan dan juga makan hingga kenyang hanya akan memicu berat badan menjadi naik. Maka dari itu, untuk mencegah kenaikan berat badan Anda harus mengetahui kapan perut merasa kenyang dan tidak memasukkan makanan lagi.

3. Tidur Cukup dan Cegah Stress

Seperti yang Anda tahu bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan, sebab orang yang memiliki waktu tidur kurang akan mengkonsumsi lebih banyak kalori dan memiliki sedikit aktivitas fisik. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk memiliki waktu tidur yang cukup selama libur lebaran ini. Selain itu, Anda juga harus mencegah stres supaya berat badan tidak mengalami kenaikan sebab stres dapat menjadi faktor berat badan naik secara signifikan jika dibiarkan begitu saja.