Mencegah Kanker Dengan Tidak Memanggang Roti Terlalu Lama

DokterSehat.Com – Selain menjadi makanan sarapan pagi yang disukai banyak orang, roti panggang atau uniknya kerap disebut sebagai roti bakar juga menjadi salah satu jajanan yang kini disukai banyak orang. Roti panggang yang mengenyangkan juga bisa diselingi rasa lezat dari selai yang ikut dipanggang sehingga bisa dinikmati dengan renyah. Sayangnya, dibalik kenikmatan roti panggang ini, terdapat resiko tinggi munculnya penyakit kanker, apalagi jika kita memanggang roti ini terlalu lama.

doktersehat-roti

Kadangkala, kita memanggang roti dalam waktu yang lama karena ingin mendapatkan sensasi renyah saat roti ini digigit. Padahal, roti yang dipanggang terlalu lama akan memiliki kandungan acrylamide hingga 167 microgram untuk setiap kilogramnya. Acrylamide sendiri adalah sebutan dari bahan kimia yang dihasilkan dari cara memanggang makanan. FSA atau agensi standardisasi makanan telah menentukan acrylamide sebagai salah satu genotoxic carcinogen, salah satu penyebab utama kanker yang bahkan bisa berinteraksi langsung dengan DNA sel tubuh manusia.

Selain roti panggang sendiri, tercatat makanan lain layaknya kentang panggang dan juga keripik garing memiliki kandungan acrylamide yang cukup tinggi. Bahkan, keripik tercatat memiliki kandungan acrylamide hingga 1.052 microgram untuk setiap kilogramnya, kadar yang sangat tinggi. Sementara itu, kentang panggang yang paling garing akan mengandung 490 microgram acrylamide untuk setiap kilogramnya. Kadar acrylamide yang sangat tinggi ini tentu akan meningkatkan resiko terkena kanker dengan signifikan jika kita mengkonsumsi makanan-makanan ini cukup sering.

Lantas, mengingat banyak orang yang menikmati roti panggang sebagai sarapan setiap paginya, apakah harus meninggalkan makanan ini dan berganti dengan jenis makanan lain? Pakar kesehatan ternyata berpendapat jika asalkan kita tidak memanggang roti terlalu lama, maka kita masih bisa mencegah munculnya penyakit kanker. Roti sebaiknya dipanggang hingga warnanya sedikit keemasan saja dan jangan sampai menunggu warnanya menjadi terlalu gelap. Roti yang hanya sebentar dipanggang ternyata hanya memiliki 9 microgram acrylamide per kilogram, angka yang jauh lebih rendah dan masih dianggap aman untuk dikonsumsi.