Mencegah Jerawat dengan Cassia Oil

doktersehat-mencegah-jerawat-dengan-cassia-oil
Photo Credit: Pexels.com/Min An

DokterSehat.Com– Dalam pengobatan tradisional yang dilakukan oleh masyarakat India dan China, penggunaan bahan-bahan alami merupakan salah satu ciri khasnya. Tidak heran jika sejumlah minyak esensial yang dikenal saat ini juga menjadi bahan-bahan andalan pada proses pengobatan tradisional India dan China. Salah satunya adalah minyak cassia yang terbuat dari salah satu rempah kuno khas India dan Asia. Penampakan cassia sendiri sekilas tidak jauh berbeda dengan kayu manis. Kendati demikian, cassia mengandung bahan-bahan aktif yang lebih banyak dan ampuh dari kayu manis.

1. Mencegah Jerawat

Dilansir dari laman Ayurvedic Oils, minyak cassia mengandung zat anti bakteri. Zat anti bakteri merupakan salah satu zat yang sangat penting dalam menjaga kebersihan kulit, terutama dari serangan jerawat. Sebagai tambahan informasi, jerawat tidak hanya disebabkan oleh masalah hormon saja, tetapi juga serangan bakteri yang bernama P. Acnes. Namun, penggunaan minyak cassia dapat membasmi dan mencegah bakteri tersebut menyerang kulit.

2. Meredakan Peradangan

Bagi pemilik kulit sensitif, reaksi alergi dan iritasi kerap menimbulkan peradangan pada kulit. Tidak hanya itu saja, kulit juga kerap merasakan gatal dan nyeri yang bersamaan. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya secara alami adalah dengan mengaplikasikan minyak cassia. Minyak cassia sendiri dipercaya mengandung zat anti peradangan yang dapat meredakan ruam atau gatal yang disebabkan oleh alergi, iritasi mau pun gigitan serangga.

3. Melindungi Kulit

Kandungan antioksidan pada minyak cassia bisa dibilang cukup tinggi. Tidak heran jika minyak cassia dapat dimanfaatkan untuk melindungi kulit secara optimal, terutama dari sinar UV dan paparan bahan-bahan kimia berbahaya. Seperti yang banyak diketahui, antioksidan merupakan zat penting yang dpaat mencegah radikal bebas dan kanker kulit.

Nah, kendati minyak cassia masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, minyak satu ini sudah sejak lama digunakan dalam metode Ayurvedha dan pengobatan tradisional khas China. Jadi, jangan ragu untuk mendatangi toko herbal atau pun toko obat tradisional khas India dan China untuk mendapatkannya.